Pemerintahan

Hari Pertama Masuk Kerja, Bupati Situbondo Pimpin Sidak OPD

Diterbitkan

-

SIDAK: Bupati Situbondo disela melaksanakan Sidak. (ist)

Memontum Situbondo – Hari pertama masuk kerja seusai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), Selasa (16/04/2024) tadi. Dalam Sidak itu, diketahui sebanyak 50 ASN di Pemkab Situbondo, diketahui tidak masuk kerja.

Mereka yang tidak masuk kerja, diketahui karena cuti melahirkan, mendapatkan kesempatan cuti tahunan dan cuti sakit. Selain itu, juga ada yang work from home (WFH) sebagaimana edaran dari Kemenpan RB.

“Tidak ada yang tanpa keterangan (Alpa, red),” kata Bupati Karna.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini menjabarkan, jumlah ASN yang cuti tersebut lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya. Ini menunjukkan, bahwa tingkat kedisiplinan ASN di Pemkab Situbondo ada peningkatan.

Advertisement

Baca juga :

“Patut kita syukuri disiplin pegawai sudah mengalami peningkatan dibanding tahun lalu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Situbondo, Samsuri, menjelaskan bahwa di lingkungan Pemkab Situbondo terdapat 6.800 ASN. Terdiri dari PNS dan PPPK. Sementara pemantauan terhadap ribuan ASN ini, tidak hanya dilakukan dengan pelaksanaan apel saja. Melainkan, juga laporan hasil pemantauan kehadiran sesudah cuti bersama Lebaran juga diambil dari Aplikasi SIAKSI.

“Kalau tingkat kehadiran menggunakan Aplikasi SIAKSI, menggunakan fingerprint online,” jelasnya.

Advertisement

Dalam Sidak tersebut, dibagi dalam beberapa tim yang dipimpin oleh Bupati Karna Suswandi, Wabup Nyai Hj Khoirani, Sekda Pemkab Situbondo, Wawan Setiawan dan sejumlah Asisten Pemkab. Bupati Karna Suswandi melakukan Sidak di Dinas Kesehatan dan Dinas Pariwisata Situbondo. (her/gie)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas