Connect with us

KREATIF MASYARAKAT

Ingin Nongkrong sambil Menikmati Olahan Berbahan Susu, Milk House Trenggalek Jadi Solusi

Diterbitkan

||

Ingin Nongkrong sambil Menikmati Olahan Berbahan Susu, Milk House Trenggalek Jadi Solusi
OLAHAN SUSU: Rumah susu Trenggalek yang berlokasi di Jalan Brigjen Soetrand-Trenggalek. (memontum.com/mil)

Memontum Trenggalek – Nongkrong sambil menikmati beberapa produk olahan susu, Rumah Susu atau Milk House yang ada di Trenggalek, bisa menjadi referensi. Bahkan, tidak hanya bisa menikmati minuman. Namun, di sini pengunjung juga bisa mendapatkan produk-produk olahan susu seperti snack dan permen.

Sebagai salah satu daerah penghasil susu, baik dari Sapi Perah maupun Kambing Etawa, Rumah Susu di Trenggalek ini tentu bisa menjadi sarana edukatif pengenalan berbagai produk olahan susu. “Seperti namanya Rumah Susu, di sini ada banyak sekali produk olahan dari susu. Mulai susu murni, yogurt, ice cream hingga permen susu,” ungkap salah satu karyawan, Manda, saat dikonfirmasi Rabu (18/05/2022) siang.

Untuk jenis susu yang dijual di sini, pun juga tidak hanya susu sapi saja. Melainkan, susu kambing murni. Di sini, juga dijajakan belasan jenis olahan susu produk Industri Kecil Menengah (IKM) asli Trenggalek.

“Sedikitnya, ada sekitar 15 produk olahan yang ada di Rumah Susu ini. Dan yang paling banyak diminati adalah minuman susu aneka rasa dan ice cream,” imbuhnya.

Mayoritas produk olahan susu dan susu murni yang dijual di Rumah Susu, ini berasal dari tiga kecamatan di Kabupaten Trenggalek. Yakni, Kecamatan Bendungan, Pule dan Kecamatan Suruh.

Baca juga:

Untuk pecinta camilan atau snack berbahan baku susu, pun juga tidak perlu khawatir. Karena, di sini juga tersedia pie susu dan berbagai macam susu olahan yang dijadikan makanan ringan.

Di sini, pun juga tersedia gazebo yang dilengkapi dengan fasilitas WiFi gratis bagi pengunjung yang ingin nongkrong sambil menikmati olahan susu yang tersedia. “Mulai dibuka sejak 3 tahun yang lalu, biasanya pengunjung ramai berdatangan di akhir pekan atau hari libur. Kalau untuk jam bukanya setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00,” terang Manda.

Trenggalek Milk House atau Rumah Susu, ini didirikan dengan harapan menjadi wadah guna menstandarisasi seluruh olahan produk berbahan susu di Trenggalek sesuai standar BPOM. Sehingga, sangat aman dikonsumsi dan didistribusikan ke daerah-daerah lain.

“Rumah susu ini ada dengan latar belakang bahwa mengolah susu memerlukan penanganan khusus. Karena jika tidak dikelola dengan baik, maka akan terjadi pertumbuhan bakteri dengan cukup cepat dan berbahaya jika tidak ada pengawasan maupun cara pengolahan yang tidak standar untuk dikonsumsi,” jelasnya.

Salah satu pengusaha minuman olahan susu, Sandara, mengatakan jika sejak beberapa bulan terakhir ia menekuni usaha produksi aneka olahan susu. Berbagai jenis produknya juga dipasarkan di Rumah Susu ini.

“Alhamdulillah, sejak saya menekuni usaha ini dan memasarkannya di Rumah Susu Trenggalek, beberapa produk olahan susu buatan saya bisa dikenal masyarakat luas. Bahkan, melalui Rumah Sus ini pula, jualan saya cepat laku dan selalu habis,” katanya.

Hal ini tentu bisa menjadi sarana promosi produk lokal pelaku IKM di Kabupaten Trenggalek. Secara tidak langsung, Rumah Susu ini juga dinilai menguntungkan pelaku usaha olahan susu.

Pasalnya, mereka bisa menitipkan apapun produk olahan susu untuk bisa dipasarkan disana. “Keberadaan Rumah Susu ini sangat membantu proses pemasaran produk saya. Semoga kedepannya, Rumah Susu ini bisa lebih dikenal masyarakat baik dalam maupun luar Trenggalek,” papar Sandara.

Dirinya juga berharap, agar Rumah Susu Trenggalek, bisa lebih. Baik pelayanannya, mutu dan kualitas penjualan produknya maupun fasilitasnya. (mil/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.