Connect with us

Trenggalek

Intip Keindahan Pantai Damas di Trenggalek

Diterbitkan

||

Keindahan Pantai Damas Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo yang alami.
Keindahan Pantai Damas Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo yang alami.

Memontum Trenggalek – Kabupaten Trenggalek dikenal dengan potensi wisata alam yang luar biasa, salah satu keindahan alam yang paling sayang untuk dilewatkan adalah pantai. Berada di kawasan pesisir selatan, Trenggalek atau yang dikenal dengan Kota Keripik Tempe ini memiliki pantai-pantai yang apik dan menarik.

Ada Pantai Prigi, Pantai Pasir Putih, Pantai Mutiara, Pantai Blado, Pantai Ngampiran, Pantai Pelang dan masih banyak lagi.

Kali ini, kita akan membahas satu pantai nan cantik yang ada di Kecamatan Watulimo. Ya, Pantai Damas namanya.

Berada di Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo, Pantai Damas merupakan pantai yang masih alami dan cantik. Untuk bisa sampai ke pantai ini, akses jalannya cukup mudah. Bisa ditempuh menggunakan roda empat maupun roda dua.

Pemandangan sekitar Pantai Damas.

Pemandangan sekitar Pantai Damas.

Setibanya di Pantai Damas, pengunjung akan dimanjakan dengan rindangnya pohon cemara yang berada di sepanjang pantai. Deburan ombak yang tak tinggi, banyak dimanfaatkan pengunjung lokal maupun luar kota untuk sekedar bermain air.

Salah satu pengunjung Agus Rianto mengatakan di balik keindahan Pantai Damas, sangat disayangkan karena tidak adanya campur tangan pemerintah daerah terkait pengelolaannya. “Pantai Damas ini terbilang pantai yang patut untuk dikunjungi jika ke Trenggalek. Namun sayang, kecantikan pantai ini berkurang karena adanya sampah-sampah plastik disekitar pantai,” ucapnya saat dikonfirmasi, Sabtu (10/10/2020) siang.

Agus juga menuturkan ia sering kali meluangkan waktu libur untuk datang ke sejumlah kawasan wisata di Trenggalek, salah satunya Pantai Damas ini.

“Ada beberapa hal yang menarik di pantai ini, seperti pantainya yang luas dan bisa mengajak sanak keluarga untuk bermain. Ombaknya yang tidak terlalu besar, juga bisa dimanfaatkan untuk mandi atau bermain-main dan juga rindangnya pohon Cemara yang ada sepanjang pantai menambah kesejukan yang siap dinikmati pengunjung,” jelas Agus.

Melihat kondisi pantai yang jarang disambangi pengunjung, Agus menyebut memang pantai ini belum dikelola secara maksimal. Dibandingkan dengan pantai yang sudah dikelola Pemerintah Daerah, tentu pengunjungnya sangat jauh berbeda.

“Kalau disini pengunjungnya sepi, tidak sampai 50 orang yang datang di hari libur. Berbeda dengan pantai-pantai yang sudah dikelola Pemerintah, mungkin akan lebih ramai didatangi pengunjung,” imbuhnya.

Selain bisa menikmati keindahan pantai, pengunjung juga bisa melihat para nelayan mencari ikan dengan menggunakan jaring tarik. Bahkan, pengunjung bisa membeli ikan hasil tangkapan nelayan secara langsung.

Ia berharap agar Pemerintah mau mengelola pantai ini agar semakin banyak pengunjung lokal maupun luar kota yang tau keberadaan dan kecantikan Pantai Damas tanpa adanya sampah-sampah berserakan dibibir maupun disekitar kawasan pantai.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Trenggalek Sunyoto membenarkan jika Pantai Damas memang belum dikelola Pemerintah Daerah.

“Jadi Pantai Damas itu memang belum dikelola Pemerintah Daerah. Akan tetapi statusnya masih dalam proses Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan pihak Perhutani,” kata Sunyoto. (mil/syn)

 

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.