Kota Malang

Jadi Rangkaian HUT, Pj Wali Kota Wahyu Harap Perbaikan Alun-Alun Merdeka Malang Rampung Tahun Ini

Diterbitkan

-

ALUN-ALUN: Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, saat foto bersama di Alun-Alun Merdeka Malang. (memontum.com/rsy)

Memontum Kota Malang – Peringatan HUT Kota Malang ke 110, juga dirangkaikan dengan perencanaan dan pembangunan (perbaikan, red) Alun-Alun Merdeka Malang.

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, menyampaikan bahwa pembahasan perbaikan Alun-Alun Merdeka Malang sudah dibahas sejak beberapa tahun lalu. Namun, perencanaan perbaikan itu baru bisa terlaksana sekarang.

“Itu (perbaikan, red) nantinya menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR). Jadi, bukan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Malang. Memang beberapa fasilitas dari CSR yang lalu itu sudah tidak berfungsi dan kemudian kita menyesuaikan lagi dan ada beberapa fasilitas pendukung kita selesaikan saat ini karena ada masukan,” jelas Pj Wali Kota Wahyu, Senin (01/04/2024) tadi.

Ditambahkannya, jika dalam membuat perencanaan pembangunan itu, Pemkot Malang menggelar open publik. Sehingga, bukan hanya para pejabat di lingkungan Pemkot Malang saja, namun juga dari berbagai komunitas.

Advertisement

“Pembahasannya pada saat itu panjang lebar, kemudian juga ada masukan-masukan yang diberikan. Akhirnya perencanaannya sudah selesai dan ada beberapa revisi, nantinya kita sesuaikan dan akan kami sampaikan pada mereka,” katanya.

Baca juga :

Lebih lanjut disampaikan, untuk perbaikan yang dilakukan, nantinya hanya mengubah beberapa. Sebab, dari masukan-masukan yang telah diterimanya, meminta agar tetap mempertahankan beberapa titik. Karena dinilai menjadi cagar budaya.

“Beberapa sudah bagus. Ada beberapa titik yang minta dipertahankan. Karena cagar budayanya disitu. Kemudian ada beberapa fasilitas pendukung lainnya akan kita sesuaikan. Tentu ini sesuai dengan keinginan dari masyarakat, kami upayakan tertampung. Karena Alun-Alun ini nantinya akan dimanfaatkan oleh masyarakat dan mudah-mudahan sesuai dengan keinginan masyarakat,” ujarnya.

Advertisement

Setelah perencanaan tersebut, Pj Wali Kota Wahyu berharap agar di tahun ini pembangunan dapat segera terselesaikan. Sehingga, masyarakat tidak perlu menunggu lama untuk menikmati kembali Alun-Alun Merdeka sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Malang.

“Ini ada beberapa penyesuaian, tapi kita sudah mulai perencanaan. Perencanaan itu berati kita selesai clear dari Bank Jatim, kemudian tidak ada masalah, kita kembalikan lagi. Kita harapkan tahun ini selesai,” imbuh Wahyu. (pro/rsy/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas