Kabar Desa

Komunitas Akik dan Pirus Situbondo Gelar Kontes Akik Pamor Indonesia dan Batu Pirus

Diterbitkan

-

AKIK: Sejumlah pilihan dari Batu Akik dan Pirus. (memontum.com/her)

Memontum Situbondo – Komunitas Akik dan Pirus Situbondo (Kapsi) mengadakan kontes akik pamor Indonesia dan batu pirus, di Halaman UPT BLK Situbondo selama dua hari, yakni mulai 6 hingga 7 Juli 2024.

Ketua Kapsi, Busairi, menjelaskan bahwa tujuan dari terselenggaranya kontes dan pameran batu akik pamor tersebut untuk memperkenalkan jenis-jenis batu akik endemik Situbondo. Salah satunya, Batu Pirus Hitam Situbondo.

Termasuk, tambahnya, juga bertujuan untuk mengangkat perekonomian UMKM di Kabupaten Situbondo, khususnya bagi pelaku usaha batu akik. Dalam kompetisi ini, untuk kategori kontes batu akik pamor ada 157 kelas. Sedangkan kategori kontes batu pirus ada 150 kelas. Pesertanya dari Situbondo dan luar daerah.

Baca juga :

Advertisement

“Kompetisi batu akik pamor Indonesia dan pirus ini baru pertama kali terselenggara di Kabupaten Situbondo. Tema yang diambil dalam kontes ini adalah Situbondo Bergelora. Maksudnya, yaitu mengangkat kembali batu-batu endemik dari Situbondo dan Indonesia,” jelasnya, Sabtu (06/07/2024) tadi.

Busairi menambahkan, selain pelaksanaan kontes, dalam stand juga dilakukan pameran batu akik. Jadi, UMKM menawarkan dan menjual berbagai jenis batu akik asli Indonesia.

“Pengunjung yang datang ke sini memiliki banyak pilihan untuk membeli batu akik dengan keindahannya. Termasuk, juga bisa melihat beragam benda antik, mulai dari seperti keris dan pusaka lainnya. (her/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas