Kabupaten Malang

KPU Kabupaten Malang Mulai Distribusikan Logistik Pemilu

Diterbitkan

-

Memontum Malang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang mulai melakukan pendistribusian bahan logistik Pemilu 2024 ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Jumat (09/02/2024) tadi. Sebanyak tujuh kecamatan, yang hari ini mulai dilakukan distribusi. Tujuh kecamatan itu, yaitu mulai Kecamatan Ampelgading, Kecamatan Bantur, Kecamatan Dampit, Kecamatan Pagak, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Kecamatan Tirtoyudo dan Kecamatan Turen.

Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini, mengatakan bahwa awalnya rencana pengiriman bahan logistik Pemilu ini dijadwalkan tanggal 8 Februari hingga 12 Februari 2024. Namun, setelah melaporkan ke Provinsi Jatim, kemudian dari provinsi mendapat arahan agar paling cepat tanggal 9 Februari.

Baca juga:

“Alasannya supaya logistik tersebut tidak terlalu lama transit atau stay di PPK. Sehingga, maksimal logistik harus tersampaikan di tempat pemungutan suara (TPS) H-1,” kata Anis.

Advertisement

Karenanya, KPU Kabupaten Malang pun langsung berkoordinasi dengan pihak ke tiga atau jasa ekspedisi untuk merubah jadwal. Dan, PT Pos selaku pihak ke tiga, bersedia merubah jadwal pengiriman. Dari semula akan dikirimkan tanggal 8 sampai 12 Februari 2024, maka berubah menjadi 9 sampai 12 Februari.

“Awalnya lima hari, namun berubah menjadi empat hari,” terangnya.

Anis juga menambahkan, bahwa pengiriman bahan logistik pertama ini diawali dari daerah pemilihan (Dapil) II yakni wilayah Malang Timur. Itu karena, jarak tempuh ke wilayah tersebut cukup menyita waktu karena terpencil dan cukup jauh.

Apalagi, lanjut Anis, kecepatan dalam perjalanan hanya 30 kilometer perjam. Hal itulah, yang menjadu alasan KPU Kabupaten Malang menjadwalkan wilayah Malang Timur didahulukan.

Advertisement

“Jadi kita berangkatkan yang jauh-jauh dahulu. Ada 7 hingga 8 armada jenis truk, untuk mengirim logistik Pemilu. Sisanya, dilakukan secara bertahap hingga tanggal 12 Februari,” paparnya. (sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas