Connect with us

Bondowoso

Manfaatkan Momen Ramadan, Bupati Bondowoso Tinjau Literasi Mengaji di Sekolah-sekolah

Diterbitkan

||

Manfaatkan Momen Ramadan, Bupati Bondowoso Tinjau Literasi Mengaji di Sekolah-sekolah

Memontum Bondowoso – Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin, menggelar Safari Ramadan dengan meninjau sekolah-sekolah di Bondowoso. Salah satu yang menjadi bidikan bupati, yakni Literasi Mengaji di Dinas Pendidikan (Disdik) Bondowoso, yang pada September 2021 lalu, sudah dilaunching.

“Kami bersama Kepala Disdik akan melakukan evaluasi terhadap seluruh lembaga pendidikan di bawah binaan Disdik terkait dengan program Literasi Mengaji,” kata Bupati Salwa, Rabu (13/04/2022) tadi.

Yang pertama di evaluasi, lanjutnya, adalah Taman Kanak-kanak (TK) At Taqwa Bondowoso. “Alhamdulillah, sudah banyak anak setingkat TK bisa membaca Al Quran dengan makhroj yang benar,” ujarnya.

Ditambahkannya, setelah meninjau TK, pihaknya akan mengevaluasi sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). “Saya ingin memastikan, apakah Literasi Al Quran dijalankan atau tidak,” tambahnya.

Baca juga :

Masih menurut bupati, membaca Al Quran merupakan kegiatan pertama sebelum Proses Belajar Mengajar (PBM), dimulai. Mulai dari TK, SD hingga SMP. Sementara bagi yang beragama lain, boleh tidak mengikuti kegiatan preambul ini.

“Literasi Al Quran tidak diwajibkan bagi lembaga keagamaan khusus. Seperti SD Katolik, SMPK dan yang lainnya,” tambah Pengasuh PP Mambaul Ulum Tangsel Wetan Kecamatan Wonosari ini.

Kepala Dinas Pendidikan Bondowoso, H Sugiono Eksantoso, menambahkan bahwa tujuan dari literasi Al Quran adalah untuk meningkatkan kualitas keagamaan anak didik. Karena, tidak hanya menarget output pendidikan di Bondowoso, yang hanya mengejar keberhasilan intelaktual. Tetapi juga, murid berkarakter dan berakhlakul karimah.

“Sejatinya, program Literasi Al Quran ini merupakan upaya pencapaian visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso,” tambahnya. (zen/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.