Connect with us

Kabar Desa

Menjelang Imlek 2574, Komunitas Xi Hua Situbondo Bagikan Angpao Berkah untuk Masyarakat

Diterbitkan

||

Menjelang Imlek 2574, Komunitas Xi Hua Situbondo

Memontum Situbondo – Menyambut Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili pada 22 Januari 2023, Komunitas Xi Hua Situbondo, membagi-bagikan berkah berupa angpao untuk masyarakat Tionghoa yang membutuhkan, Selasa (17/01/2023) tadi. Pembagian angpou yang dilaksanakan oleh Ketua dan Pembina Xi Hua Kabupaten Situbondo, itu bertempat di Aula PKMS di Jalan Argopuro V 11/999 Situbondo.

“Dalam tradisi perayaan Tahun Baru Imlek, satu agenda yang tidak pernah terlewatkan adalah membagikan angpao. Pembagian angpao diberikan, sebagai simbol keberkahan. Pembagian angpou tidak serta dibagikan begitu saja, tapi ada tata caranya. Pemberian angpou oleh orang yang lebih tua, untuk diberikan kepada yang lebih muda. Tetapi, tidak jarang juga sebaliknya. Mereka yang lebih muda dan sudah bekerja, memberikan angpao kepada orang yang lebih tua,” jelas Ketua Xi Hua Situbondo, Linda Indrawati.

Pemberian angpao, kata Linda, juga terdapat asal-usul serta makna dari pemberian angpao itu sendiri. “Penerima dan pemberi angpao, harus menggunakan kedua tangan mereka. Angpao harus berwarna merah dan isi angpao tidak boleh ganjil,” jelas Linda.

Baca Juga :

Linda Indrawati menjelaskan, sejak jaman dulu hingga sekarang, pemberian angpao menjadi cara untuk menjaga keselamatan serta pembawa keberuntungan bagi penerima dan pemberinya. “Bagi mereka yang menerima amplop warna merah, diyakini memiliki harapan aman dan damai menjalani hidup di tahun ini dan tahun mendatang,” jelasnya.

Setiap tahun China, tambahnya, dikaitkan dengan tanda binatang menurut siklus zodiak China. Tahun 2023 adalah tahun kelinci, khususnya Kelinci Air. Lambang Kelinci adalah simbol umur panjang, kedamaian dan kemakmuran dalam budaya Tionghoa. Bahkan tahun 2023, diprediksi menjadi tahun harapan.

Menurut astrologi Tiongkok, kelinci diramalkan sebagai makhluk yang lembut, pendiam, anggun dan waspada serta cepat, terampil, baik hati, sabar dan sangat bertanggung jawab. Komunitas Xi Hua Situbondo, menyalurkan angpou bagi warga Tionghua yang membutuhkan dan kurang lebih sebanyak 100 angpou.

“Dalam kesempatan ini, Pembina Xi Hua Situbondo menyalurkan atau membagikan angpao kurang lebih sebanyak 100 angpao kepada masyarakat,” ujarnya. (her/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *