Kota Batu

Meriahkan HUT Kota Batu, Pemkot Batu Siapkan Diskon 22 Persen untuk Pengunjung Hotel dan Restoran

Diterbitkan

-

Memontum Kota Batu – Guna memeriahkan HUT Kota Batu Ke-22 tahun, yang jatuh di 17 Oktober 2023, Pemkot Batu berencana akan memberikan diskon sebesar 22 persen bagi pengunjung hotel dan restoran, selama kurun waktu satu bulan penuh di Oktober nanti. Mengenai rencana ini, Pemkot Batu akan segera melakukan koordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu, dengan tujuan bisa merealisasi perencanaan itu.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, mengatakan bahwa dukungan perayaan HUT nantinya juga akan muncul dari hotel dan restoran di Kota Batu. Karenanya, Pemkot berencana memberikan diskon itu untuk pengunjung hotel dan restoran. Sehingga, ini nantinya benar-benar memberikan nuansa beda. Geliat ekonomi Kota Batu semakin meningkat dan masyarakat Kota Batu juga turut senang.

“Kita ingin memberikan semangat dan suasana baru dalam menyemarakkan HUT Ke-22 Kota Batu. Karenanya mengenai rencana Oktober nanti, hotel dan restoran akan memberikan diskon kepada pengunjung yang datang ke Kota Batu ini sebesar 22 persen,” kata Pj Wali Kota Batu, saat di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Kamis (21/09/2023) tadi.

Baca juga:

Advertisement

Mengenai rencana ini, ujarnya, juga akan diinformasikan melalui surat edaran ke hotel dan restoran. Sementara, salah satu keuntungan hotel dan restoran yang memberikan diskon, salah satunya adalah Pemkot Batu akan memberikan feedback bagi pelaku perhotelan, pariwisata dan resto. Diantaranya, pemotongan pembayaran besaran pajak.

“Sebagai bentuk dukungan, Pemkot akan berikan feedback pajak mereka akan dipotong. Sehingga, hotel dan restoran tetap mendapatkan keuntungan,” ujarnya.

Mengenai pemberian diskon, papar Aries, yaitu calon wisatawan atau penerima diskon, harus datang langsung ke hotel ataupun restoran yang hendak dituju. Dengan kata lain, sistem yang digunakan adalah dengan sistem manual. “Diskon diberikan tidak lewat aplikasi. Tapi, pengunjung datang langsung secara manual,” ujarnya.

Untuk itu, dengan adanya rencana diskon 22 persen, dirinya berharap wisatawan semakin banyak yang datang ke Kota Batu. “Dengan adanya diskon 22 persen ini, harapannya orang-orang akan kian senang datang ke Kota Batu. Selain berwisata, juga kuliner dan menginap di Kota Batu,” imbuhnya.

Advertisement

Sementara itu, Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa dirinya belum bisa berkomentar banyak mengenai rencana itu. Karena, secara teknis bagaimana sistem yang akan dilakukan, juga masih belum ada. Termasuk, soal rencana surat edaran untuk hotel dan restoran.

“Saya belum bisa banyak berkomentar. Sebab, sampai hari ini surat edaran itu belum turun ke kami,” jelasnya, saat dihubungi via ponsel.

Termasuk, ujarnya, apakah diskon itu juga berlaku untuk weekday atau setiap hari. Jadi, bagaimana mekanismenya masih belum ada pembicaraan dengan Pemkot Batu. Lalu, soal feedback pemotongan pajak, juga masih belum diketahui bagaimana sistemnya.

“Yang jelas, untuk merealisasikan diskon 22 persen sampai feedback pemotongan pajak, ini perlu koordinasi lebih lanjut. Tetapi pada intinya, HUT Kota Batu Ke-22 tahun ini, kami siap menyukseskannya,” paparnya. (put/sit)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas