SEKITAR KITA

Pemkab Situbondo bersama Bulog Salurkan Bantuan Pangan Beras untuk 79.293 KPM

Diterbitkan

-

Memontum Situbondo – Bantuan pangan (Bapang) beras Tahap V mulai disalurkan oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi dan Wabup Situbondo, Nyai Khoirani serta Pimpinan Perum Bulog Kantor Cabang Bondowoso, Senin (10/06/2024) tadi. Penyaluran itu, menyasar sedikitnya 79.293 keluarga penerima manfaat (KPM).

Dalam pelaksanaan sendiri, Bupati Karna menyalurkan bantuan ke beberapa desa. Diantaranya, seperti Desa Kilensari, Wringin Anom, Peleyan dan Desa Alasmalang, Kecamatan Panarukan. Sementara Wabup Nyai Khoirani, menyalurkan bantuan pangan beras di Desa Olean, Talkandang, Kelurahan Dawuhan dan Patokan, Kecamatan Situbondo.

Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, bahwa bantuan pangan beras ini sangat dirasakan manfaatnya oleh para KPM. Khususnya, dalam memenuhi kebutuhan pokok.

“Bantuan pangan beras ini meringankan pengeluaran uang belanjanya bapak-ibu sekalian. Kalau biasa uangnya buat beli beras, sekarang tidak usah beli beras. Jadi, tinggal beli lauk-pauknya saja,” kata Bung Karna saat di Balai Desa Wringin Anom.

Advertisement

Baca juga :

Mantan Kadis PUPR Bondowoso ini menambahkan, dengan adanya bantuan beras, maka juga bisa menekankan laju kenaikan harga beras. Sehingga, inflasi daerah terkendali dengan baik. “Karena kalau harga beras naik, maka inflasi juga ikut naik. Sementara harga-harga kebutuhan pokok yang lain, juga ikut naik. Kalau semua harga kebutuhan pokok naik, maka daya beli masyarakat akan menurun,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Situbondo juga berpesan kepada para KPM untuk tidak melihat banyak sedikitnya beras yang diberikan. “Bapak-ibu sekalian lihatlah ini sebagai kepedulian pemerintah dan Bulog. Karena bantuan beras ini menunjukkan kepedulian pemerintah dan Bulog kepada bapak-ibu sekalian,” bebernya.

Di tempat yang sama, Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Bondowoso, Hesty Retno Kusumastuti, mengungkapkan bahwa bantuan Tahap V ini Bulog menyalurkan bantuan beras kepada 79.293 KPM. Penyaluran dimulai pada Senin (10/06/2024) hingga Minggu (30/06/2024) mendatang.

Advertisement

“Tahap V ini ada 79.293 KPM yang menerima bantuan pangan pemerintah. Dan alhamdulillah, penyaluran bantuan beras untuk alokasi April atau tahap empat, sudah mencapai 100 persen,” ucapnya.

Ditambahkan Hesty, bahwa jenis beras yang disalurkan pada program ini yakni beras medium. “Nantinya tiap KPM mendapat 10 kilogram beras per alokasi,” tambahnya. (her/gie)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas