Kota Batu

Pemkot Batu Siapkan Alokasi Rp 1 Miliar untuk Wujudkan Transportasi Gratis Siswa SD hingga SMP

Diterbitkan

-

Memontum Kota Batu – Pemkot Batu melalui Dinas Perhubungan (Dishub) bakal menggratiskan transportasi Angkutan Kota (Angkot) bagi pelajar mulai SD, SMP maupun Madrasah Tsanawiyah saat pergi dan pulang sekolah di tahun 2024. Rencananya, untuk memuluskan rencana itu, Pemkot Batu akan menganggarkan alokasi sekitar Rp 1 miliar.

Plt Kadishub Kota Batu, Agus Mahmudi, mengatakan bahwa dasar untuk menggratiskan anak-anak tersebut karena selama ini seringkali terjadi kecelakaan di jalan raya. “Dengan cara mengangkut anak-anak ke sekolah hingga pulang sampai di rumah, maka ini menjamin keselamatan siswa. Tentunya, angkutan gratis ini diharapkan mempermudah anak-anak ke sekolah. Juga, sangat meringankan beban orang tua,” terangnya, Kamis (07/12/2023) tadi. Ditambahkannya, mengenai usulan itu, sebenarnya sudah disetujui dari pengajuan di tahun 2023 ini. “Program Angkutan Sekolah Gratis ini menggunakan angkutan kota. Dan, pada 2024 ini nanti di anggaran Rp 1 miliar, untuk kita berikan ke sopir angkutan kota. Artinya, bahwa anak-anak sekolah ini ke sekolah hingga pulang sekolah, transportasinya dibayar oleh pemerintah,” urainya.

Baca juga:

Untuk itu, Agus meminta kepada guru SD, SMP atau Tsanawiyah untuk segera mendata muridnya. Mulai alamat rumah hingga kendaraan yang dipakai untuk pergi maupun pulang sekolah.

Advertisement

“Karena itu, sistem yang akan dipakai seperti apa nanti akan ada kajian. Di Madiun sudah jalan, maka kami lihat situasi dan kondisi menyesuaikan. Kondisi real di Kota Batu seperti apa, juga trayek disesuaikan. Januari 2024 dilakukan kajian dan kalau kajian selesai akan langsung dijalankan Program Angkutan Sekolah Gratis ini pada 2024,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Organda Kota Batu, Arok Sujarwo, mengatakan hingga saat ini detail teknis Program Angkutan Sekolah Gratis, belum diketahui. “Tapi, respon kami positif. Memang harapan kami dari dahulu seperti itu, untuk meningkatkan income rekan-rekan sopir,” ujarnya.

Arok menambahkan, pihaknya merasa senang atas program tersebut. “Yang jelas, kami merasa bersyukur tahun depan sudah difasilitasi Dishub Kota Batu untuk angkutan gratis ini. Tinggal kami menerapkan pola teknis di lapangan seperti apa. Karena itu untuk merealisasikan program ini masih banyak hal yang perlu diselesaikan,” tambahnya. (put/gie)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas