Kota Malang

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Komunitas Nasional Belajar Zero Waste Gelar Beragam Kegiatan

Diterbitkan

-

Memontum Kota Malang – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2024, Komunitas Nasional Belajar Zero Waste (BZW) mengadakan online talkshow dan zero waste challenge, dengan tajuk ‘Memulai Hidup Minim Sampah Bersama Keluarga.’

Koordinator Divisi Edukasi Komunitas Nasional BZW, Dhea Hajaru, menyampaikan jika tema tersebut dipilih karena ingin mengajak lebih banyak keluarga di Indonesia, untuk lebih peduli dengan persoalan sampah. Kemudian, tentunya dengan mulai beraksi untuk menerapkan hidup minim sampah.

“Sebagai komunitas yang bergerak di bidang edukasi hidup minim sampah dan hidup ramah lingkungan, Komunitas Nasional BZW turut memperingati Hari Peduli Sampah Nasional di setiap tahunnya. Sehingga, kami ingin mendorong masyarakat agar menerapkan hidup ramah lingkungan, minim sampah dan berkelanjutan bersama keluarga,” kata Dhea, Senin (26/02/2024) tadi.

Dikatakannya, jika dalam kegiatan yang dilakukan secara online atay zoom meeting tersebut, antusiasme peserta sangat tinggi. Apalagi, ada sekitar 223 peserta yang mengikuti dan berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Advertisement

“Para peserta terlibat aktif selama talkshow berlangsung. Mereka juga masih melanjutkan perbincangan antarpeserta terkait topik minim sampah di dalam WhatsApp group yang disediakan oleh tim pelaksana, bahkan hingga saat ini,” ujarnya.

Baca juga :

Pada talkshow yang dilakukan tersebut, ada tiga pembicara. Diantaranya, D.K. Wardhani, Ir Sri Bebassari MSi dan Rina Oktorina, MSc, yang menyampaikan sesuai dengan bidang dan keahliannya masing-masing, dengan saling melengkapi.

“Pembicara pertama ada D.K. Wardhani, inisiator Kelas Belajar Zero Waste dan penulis berbagai buku bertema lingkungan. Beliau berbagi mengenai pengalaman tentang budaya minim sampah dalam keluarga dan menekankan pentingnya nilai hidup yang dipegang oleh keluarga diiringi kebiasaan-kebiasaan kecil berminim sampah yang dilakukan secara ajeg,” jelasnya.

Advertisement

Tidak hanya itu, Ketua Dewan Pembina Indonesia Solid Waste Association (InSWA), Ir Sri Bebassari MSi, dalam talkshow tersebut membahas mengenai pentingnya kebersihan sebagai investasi. Lalu, juga mengajak pemerintah maupun masyarakat Indonesia mengoptimalkan lima aspek pengelolaan sampah.

“Untuk pembicara yang ketiga, ada Rina Oktorina, MSc, Pelatih Pendidikan Keluarga dari Keluarga Kita. Beliau membagikan beberapa kiat berkomunikasi secara efektif dalam keluarga terkait dengan minim sampah. Selain itu, juga menekankan pentingnya membuat kesepakatan dalam keluarga agar upaya berminim sampah menjadi urusan bersama tanpa perasaan terpaksa,” imbuhnya.

Sebagai informasi, dalam rangkaian HPSN 2024, selain dilakukan talkshow juga dilanjutkan dengan zero waste challenge yang diselenggarakan pada 24 Februari hingga 1 Maret 2024. Bagi masyarakat umum dapat mengamati keseruan para peserta zero waste challenge dengan menelusuri unggahan Instagram yang menandai @belajarzerowaste_id. (rsy/sit)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas