Kota Malang

Peringati HUT Jatim Ke-78, Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Kota Malang Meriahkan Jalan Sehat dan Pasar Murah

Diterbitkan

-

JALAN SEHAT: Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, saat memberangkatkan peserta jalan sehat didampingi Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat. (memontum.com/rsy)

Memontum Kota Malang – Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, didampingi oleh Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, memberangkatkan ribuan peserta jalan sehat, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jatim Ke-78 di depan Kantor Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) III Malang, Sabtu (11/11/2023) pagi. Gelaran jalan sehat tersebut, juga dirangkai dengan kegiatan pasar murah yang menjualkan berbagai macam Sembako, mulai dari beras, gula, minyak, telur hingga bawang merah.

“Ini jalan sehat di titik terakhir dari lima Bakorwil, kemudian juga dirangkaikan dengan kegiatan pasar murah. Itu karena mulai 1 September lalu harga sembako harus diupayakan mendekati keterjangkauan masyarakat,” kata Gubernur Khofifah.

Ditambahkannya, jika produksi padi dan beras di Jawa Timur dipastikan surplus. Itu berkaca dari bulan September 2022 sampai dengan September 2023, year on year (yoy) itu di angka 9,23 persen.

Baca juga:

Advertisement

“Harga sampai dengan titik penggilingan memang sudah di atas Harga Pokok Penjualan (HPP). Jadi harga pokok pemerintah kan Rp 5 ribu. Saya seminggu lalu ke Rengel Tuban ternyata harga padi, HPP nya yang Rp 5 ribu itu ternyata Gabah Kering Panen (GKP) dan karena saya ikut memanen, gabah kering panen bisa tembus hingga Rp 7 ribu. Berati sudah di atas HPP Rp 2 ribu,” jelasnya.

Dengan begitu, menurutnya harga beras medium di Jatim sudah termasuk termurah se Jawa. Itu karena pihaknya terus melakukan koordinasi bersama dengan Bulog dan terus akan melakukan upaya penetrasi harga beras diatas Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Sekarang HET beras Rp 10.900 itu kalau ditambah katakan selisih seperti HPP Rp 2 ribu, berarti Rp 12.900. Insyaallah, di Jatim harga beras medium itu termurah se Jawa, artinya pengendalian di antara seluruh lini, mulai Bupati, Wali Kota, terus bersama-sama dengan seluruh tim Bulog bergerak,” katanya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, menyampaikan rasa syukurnya atas gelaran jalan sehat dan pasar murah yang telah digelar di Kota Malang. Apalagi dalam rangkaian peringatan HUT 78 Jatim menjadi suntikan semangat bagi Kota Malang untuk dapat terus maju berkontribusi pada perkembangan Jatim.

Advertisement

“Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur Jatim di Kota Malang dan Selamat Hari Jadi Jatim ke 78, semoga Jatim dapat melaksanakan amanah sesuai dengan harapan. Terlebih, di bawah kepemimpinan Gubernur, Khofifah Indar Parawansa dapat menjalankan amanahnya dan mensejahterakan masyarakatnya,” kata Pj Wali Kota Wahyu.

Di sisi lain, salah satu warga Simpang Ijen, Kecamatan Klojen, Titin (64), menyampaikan rasa syukurnya karena telah mendapatkan 1 kg telur secara gratis dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

“Rasanya ya senang, bersyukur. Karena Bu Gubernur yang begitu respect sama masyarakatnya. Terutama masyarakat yang menengah ke bawah. Ini juga baru pertama kalinya mendapatkan bantuan, harapannya ke depan untuk pemimpin mendatang, mudah-mudahan bisa seperti Bu Khofifah yang peduli terhadap masyarakat menengah ke bawah,” imbuh Titin. (pro/rsy/sit)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas