Kabar Desa

Permudah Adminduk, Desa Pendem Kota Batu Luncurkan Si Polo Pendem

Diterbitkan

-

LAUNCHING: Prosesi peluncuran aplikasi Si Polo Pendem. (pemkot for memontum)

Memontum Kota Batu – Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, secara resmi meluncurkan aplikasi desa digital yang dinamakan ‘Sistem Informasi Pelayanan Online Desa Pendem’ atau Si Polo Pendem), Rabu (07/02/2024) tadi. Pelaksanaan launching Si Polo Pendem itu, dilakukan di Pendopo Balai Desa Pendem dan dihadiri langsung oleh Pj Wali Kota Batu yang diwakili oleh Kepala Diskominfo, Onny Ardianto, Kepala DP3AP2KB, Aditya Prasaja, Camat Junrejo, Dian Saraswati dan Kepala Desa Pendem, Tri Wahyuwono Effendi.

Kepala Desa Pendem, Tri Wahyuwono Effendi, mengatakan bahwa peluncuran Si Polo Pendem ini untuk memberikan pelayanan yang mudah bagi masyarakat. Khususnya, dalam hal ini pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk) mulai surat atau dokumen seperti keterangan usaha, izin keramaian, surat domisili dan lainnya.

Baca juga:

“Warga yang ingin mengurus keperluannya, itu tidak harus datang ke kantor desa. Namun, bisa mengurus melalui smartphone. Intinya, ini bisa dilakukan di mana saja. Masyarakat tinggal mendownload aplikasinya di playstore atau website milik Desa Pendem,” kata Tri.

Advertisement

Ditambahkan Tri, bahwa pemohon juga bisa mengetahui progres surat-surat yang mereka urus melalui aplikasi tersebut. Apakah sudah jadi atau belum. Jika memang semua persyaratan sudah lengkap, maka masyarakat bisa mencetak sendiri melalui file PDF yang dikirimkan melalui WhatsApp masing-masing pemohon.

“Jadi, surat sudah berbentuk file PDF. Sehingga bisa dicetak sendiri atau diambil langsung ke kantor desa. Ada dua barcode tanda tangan kades secara online dan barcode Kota Batu untuk menunjukkan keaslian surat yang tercatat di database pemdes,” terangnya.

Aplikasi Si Polo Pendem sendiri, lanjutnya, terbilang cukup lengkap. Selain pelayanan, juga berisi beragam informasi penting seperti informasi kebencanaan, pelaporan tindak kriminal, jasa dan lainnya. Termasuk masyarakat juga bisa mengunggah produksi UMKM miliknya untuk ditawarkan di aplikasi tersebut.

Sementara itu, Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Diskominfo, Onny Ardianto, mengatakan bahwa peluncuran aplikasi ini merupakan sebuah langkah konkret dalam menjawab tantangan zaman yang terus berkembang. Serta, peluang-peluang baru yang terbuka lebar di era digital.

Advertisement

“Peluncuran aplikasi ini adalah untuk menghadirkan akses teknologi informasi dan komunikasi yang merata bagi setiap warga Desa Pendem. Kita percaya, bahwa dengan memperkuat infrastruktur digital, memberdayakan masyarakat untuk menguasai teknologi serta mengembangkan layanan-layanan publik yang berbasis digital. Sehingga, kita dapat menciptakan sebuah ekosistem yang lebih inklusif, efisien dan inovatif,” kata Pj Wali Kota melalui Kadiskominfo.

Dalam kesempatan itu, Pj Wali Kota Batu juga berpesan bahwa sebuah perubahan besar tidak akan terjadi tanpa dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat. Oleh karena itu, dirinya mengajak semua warga Desa Pendem untuk turut serta dalam perjalanan menuju Desa Digital ini.

“Bersama-sama mengasah keterampilan teknologi, menggali potensi-potensi lokal serta mendukung inisiatif-inisiatif yang akan membawa pada sebuah kemajuan. (kom/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas