Kota Malang

Program Ngombe Sasar Kelurahan Bakalankrajan, Pj Wali Kota Bahas Empat Persoalan hingga Tuntas

Diterbitkan

-

JAWAB: Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, saat menyampaikan solusi kepada warga di Program Ngombe. (memontum.com/rsy)

Memontum Kota Malang – Ngobrol Mbois Ilakes (Ngombe) di putaran ke enam bersama Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, digelar di Kelurahan Bakalankrajan, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Selasa (27/02/2024) siang. Dalam serap aspirasi itu, empat persoalan dibahas tuntas, mulai dari persoalan pendidikan, bantuan pangan, inovasi-inovasi lokal yang perlu dukungan dan pengembangan hingga Program Keluarga Harapan (PKH).

Pria yang menduduki kursi N1 di Kota Malang ini, menyampaikan bahwa inovator-inovator tersebut memang perlu untuk difasilitasi. Apalagi, inovasi tersebut telah mampu meraih top 45 inovasi pelayanan publik pemberdayaan masyarakat.

“Jadi, ini tadi inovasi budidaya ikan nila di Bakalankrajan. Ini memang perlu kita fasilitasi dan kita kembangkan. Termasuk juga harapannya tadi, tidak ingin memanfaatkan pada satu tempat saja. Tetapi, mengembangkan ikan nila di taman (lahan hijau) agar lebih baik lagi,” kata Pj Wali Kota Wahyu.

Untuk memfasilitasi keinginan warga mengenai lahan hijau tersebut, Pj Wali Kota Wahyu akan meminta pada Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) mengenai pengadaan aset. Namun, dalam hal ini persyaratan tetap harus dipenuhi.

Advertisement

Baca Juga :

“Karena kitakan juga sedang kekurangan Ruang Terbuka Hijau (RTH), jadi nanti agar bisa difasilitasi. Tetapi, harus jelas mengenai siapa pengelolanya. Jangan sampai setelah kita berikan, kemudian dimanfaatkan oleh hal-hal yang lain,” paparnya.

Kemudian, untuk salah satu alternatif bagi penerima PKH itu menurutnya dengan memberikan beasiswa pendidikan secara gratis. Mulai dari pendidikan Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi (PT), hanya saja itu melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkot Malang.

“Karena di Kesra ada beasiswa yang memang untuk SD, SMP, SMA sampai Perguruan Tinggi. Tetapi, tentunya dengan memenuhi persyaratan. Saya minta, nanti ini bisa menjadi prioritas dan tentu persyaratan-persyaratan harus dipenuhi oleh mereka,” tambahnya.

Advertisement

Diakhir program tersebut, Pj Wali Kota Wahyu juga mengatakan bahwa keluhan, permasalahan hingga masukan yang telah disampaikan oleh beberapa warga tersebut sudah dapat terfasilitasi dengan baik. Namun, tentu ke depan harus ada tindak lanjut yang dilakukan.

“Alhamdulillah Ngombe ke enam ini semua sudah bisa terfasilitasi, ada solusi, juga tetap nanti akan kita lihat tindaklanjutnya seperti apa,” imbuhnya. (pro/rsy/sit)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas