Connect with us

Kota Batu

Sidomulyo Floral Festival 2022 Kota Batu Jadi Inspirasi Berkembangnya Ekonomi Kreatif Bidang Seni Tanaman Hias

Diterbitkan

||

Sidomulyo Floral Festival 2022 Kota Batu Jadi Inspirasi Berkembangnya Ekonomi Kreatif Bidang Seni Tanaman Hias

Memontum Kota Batu – Sidomulyo Floral Festival 2022 yang dibuka hari ini, Sabtu (22/10/2022) tadi, mendapat respon luar biasa dari masyarakat. Tidak terkecuali, Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq, dimana keduanya terlihat beberapa kali bertepuk tangan memberikan apresiasi kepada peserta.

Warga Sidomulyo yang mengikuti Fashion Show, membuat tanaman hias yang masih hijau dan segar, yang kemudian ditata sedemikian rupa menjadi busana yang apik dilihat. Bahkan, warga juga menggunakan bunga berwarna warni untuk dipasang sebagai mahkota, hingga siapa saja yang melihat dibuatnya berdecak kagum.

Persembahan warga lewat Fashion Show Floral Carnival, ini merupakan salah satu rangkaian Sidomulyo Floral Festival (SFF) tahun 2022. Festival yang pelaksanaannya didukung oleh Dinas Pariwisata Kota Batu, ini dibuka oleh Wali Kota Batu beserta Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi.

“Desa Sidomulyo sudah tidak asing bagi pecinta bunga se-Indonesia, sebagai penghasil bunga. Meskipun pandemi, Bunga Hias masih menjadi komoditi yang tumbuh hampir 3 persen. Semoga, acara ini bisa mendukung perkembangan perekonomian Desa Sidomulyo,” kata Wali Kota Dewanti Rumpoko.

Senada dengan hal itu, Kadisparta Kota Batu, Arif As Siddiq, mengatakan bahwa kegiatan luar biasa ini dilaksanakan di sebuah desa kecil. Dirinya optimis, bahwa kegiatan ini akan terus berkembang dan menjadi jujugan wisatawan setiap tahunnya.

“Disparta mengapresiasi, kita semua melihat atensi luar biasa dari masyarakat, diadakan hampir satu bulan, hasil kolaborasi yang luar biasa antar elemen dan bisa dijadikan contoh desa lainnya,” ujar Arif.

Menurutnya, Disparta akan mendukung kegiatan ini, hingga desa kecil ini namanya bisa menasional. “Kita berharap, wisatawan ke depan tidak hanya datang ke obyek wisata. Tetapi juga, datang ke desa wisata Sidomulyo,” kata Arief.

Baca juga:

Sidomulyo Floral Festival 2022, dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-21 Kota Batu, oleh BumDes Mulyo Joyo Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu bersama Gekraf serta Dinas Pariwisata Kota Batu menggelar Sidomulyo Floral Festival 2022 bertajuk ‘Wonderland Sidomulyo’.

Acara yang berlangsung pada 21 hingga 29 Oktober 2002 di Mall Bunga, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, tersebut sejalan dengan rangkaian peringatan Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafnas) dalam agenda Oktoberfest Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Kota Batu.

Sementara itu, Kabid Kelembagaan Masyarakat DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Prof Drs Tri Yuwono MSi, mewakili Gubernur Jawa Timur, menyampaikan bahwa Kota Batu adalah sentra tanaman hias paling berkembang di Jawa Timur. “Tanaman hias sangat penting bagi perkembangan ekonomi kreatif karena dapat menjadi seni yang bernilai ekonomi tinggi. Acara ini semoga dapat menjadi wadah bersinergi bagi para pekerja kreatif tanaman hias, mendorong perekonomian dan Jatim Bangkit.” katanya Tri Yuwono.

Dalam penyelenggaraan itu, digelar pula beberapa perlombaan. Mulai lomba hias kampung, dekorasi taman (landscape), fotografi, videografi, fashion anak dan remaja, fashion carnival, floral culinary, merangkai bunga, dekorasi pelaminan dan floral bride make up. “Kita juga menyelenggarakan expo landscape, make up artist, dan dekorasi pelaminan, dan bazaar floral culinary,” ujar Ketua Panitia Sidomulyo Floral Festival 2022, Dwi Lili Indayani.

Acara Sidomulyo Floral Festival sendiri, bekerja sama dengan pelaku kopi Kota Batu seperti Janus Café, Kembar Djaja Café, Greenrock Café, dan Beuja Street Coffee. (bir/sit/adv)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.