Jombang

Tekan Inflasi Jombang, Disdagrin dan Perumda Gelar Operasi Pasar Murah

Diterbitkan

-

Memontum Jombang – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Kabupaten Jombang bekerjasama dengan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Aneka Usaha Seger, menggelar Operasi Pasar Murah, Senin (04/03/2024) tadi. Kegiatan yang dibuka langsung Pj Bupati Jombang, Sugiat, turut hadir Kepala Disdagrin Jombang, Suwignyo, Kepala Dispertan Jombang, Moch Rony, Direktur Perumda Usaha Seger, Forkopimcam Peterongan hingga Kepala Desa se-Kecamatan Peterongan. Kegiatan bertempat di Kantor Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang.

Pj Bupati Sugiat dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa operasi pasar murah yang dilakukan, salah satu bentuk kepedulian pemerintah Kabupaten Jombang, untuk pengendalian laju inflasi. “Operasi pasar dilakukan dengan menambah suplai bahan pokok kepada pedagang di pasar. Sedangkan pasar murah, dilakukan dengan menjual bahan pokok secara langsung kepada masyarakat dengan harga yang relatif lebih murah,” katanya.

Baca juga :

Lebih lanjut dikatakan, tujuan operasi pasar murah ini adalah untuk pemenuhan ketersediaan dan keterjangkauan daya beli kebutuhan bahan pokok pada masyarakat. “Tahun ini kami mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), untuk mendukung kegiatan operasi pasar murah. Dana ini, digunakan untuk memberikan subsidi ongkos angkut serta mendukung berbagai kegiatan operasional lain, guna menjamin kelancaran dan keberlanjutan program ini,” tambahnya.

Advertisement

Operasi pasar murah ini, ujarnya, akan dilaksanakan dari Maret hingga November 2024 di 13 pasar, sebanyak 26 kali serta pasar murah di 21 kecamatan dengan total 84 kali kegiatan. Komoditi yang disediakan untuk operasi pasar murah, diantaranya beras SPHP untuk pasar murah dijual dengan harga Rp 10.100 perkg, minyak kita Rp 14.000 perliter botol plastik, gula Rp 16.200 perkg serta telur Rp 27.000 perkg

“Operasi pasar murah ini tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat Jombang. untuk itu, tiap operasi pasar murah di kecamatan, kami menyediakan 300 kupon sebagai bentuk pemberdayaan dan pemerataan manfaat kepada masyarakat,” ungkapnya. (azl/sit)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas