Jombang

Kendalikan Inflasi Jombang, Pj Bupati Sugiat Lakukan Operasi Pasar hingga Launching Warung TPID

Diterbitkan

-

Memontum Jombang – Guna mengendalikan laju inflasi, Pemerintah Kabupaten Jombang menggelar Operasi Pasar Pangan Murah dan Launching Besut.Id di Pasar Pon Jombang, Senin (26/02/2024) tadi. Pelaksanaan kegiatan ini, dipimpin langsung Pj Bupati Jombang, Sugiat bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Jombang, Tim Satgas Pangan dan Kepala Pimpinan Cabang Badan Urusan Logistik (Bulog) Surabaya Selatan Rusli.

Pj Bupati Jombang, Sugiat, mengatakan bahwa pelaksanaan ini selain untuk memantau kelancaran Gerakan Siap Jaga Harga Pasar dengan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (Sigap SPHP) atau operasi pasar, juga sekaligus menggelar Pangan Murah serta melaunching Warung TPID yang diinisiasi oleh Tim TPID bernama Bedhak Stabilisasi untuk Tekan Inflasi Daerah (Besud.id). Keberadaan Bedak Besut.Id sendiri berada diantara bedak lainnya di bagian depan, dekat Kantor Pasar Pon.

Baca juga:

“Pasar Murah sekaligus Operasi Pasar dan membuka Warung TPID ini dilakukan karena dari Indeks Perkembangan Harga (IPH) komoditas penyumbang inflasi di Jombang adalah beras yakni sekitar 2,9. Karenanya, kita gerak cepat dan terus melakukan tindakan dengan menggelar operasi pasar beras SPHP. Bahkan, kini Warung TPID yang diinisiasi oleh TIM TPID bernama Besut.id telah resmi beroperasi mulai melayani pembeli,” kata Pj Bupati Sugiat.

Advertisement

Lebih lanjut disampaikan, bahwa langkah konkrit ini bertujuan untuk menekan inflasi di Kabupaten Jombang, yang bekerjasama dengan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Aneka Usaha Seger dan Bulog, untuk menjual beras SPHP serta kebutuhan lainya. Selain para pedagang, masyarakat nantinya juga bisa membeli langsung beras di Warung TPID Besut.Id dengan harga eceran Rp 10.900 untuk beras SPHP.

“Saya minta para pedagang beras berkomitmen menjual harga beras SPHP sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni Rp 10.900. Ini adalah beras bantuan, beras yang bersubsidi. Saya harap bapak dan ibu sekalian menjual sesuai dengan kesepakatan, yakni Rp 10.900,” tambahnya.

Operasi Pasar di Pasar Pon, ujarnya, telah disiapkan beras SPHP sebanyak 2 ton dengan harga Rp10.200/kg dan Minyakita harga Rp15.000. “Sementara, saat ini Besut.Id memiliki enam bedak yang tersebar masing-masing yakni di Pasar Peterongan, Pasar Ngoro, Pasar Blimbing, Pasar Bareng, Pasar Sumobito dan Pasar Pon,” paparnya. (azl/gie)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas