Pemerintahan

Cak Thoriq Berpesan Manfaatkan Bantuan Pemerintah dengan Baik

Diterbitkan

-

Cak Thoriq Berpesan Manfaatkan Bantuan Pemerintah dengan Baik

Memontum Lumajang – Bupati Lumajang Thoriqul Haq, mengatakan bagi masyarakat yang telah mendapatkan bantuan agar bisa dimanfaatkan dengan baik, yakni untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan serta memenuhi kebutuhan lainnya. Dirinya akan terus memantau pendataan dan penyaluran bantuan dari program Ngramut Tonggo dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang diberikan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

“Saran saya, agar bapak dan ibu yang sudah mendapatkan bantuan ini jangan dipakai untuk membeli pulsa, tapi uangnya ini dapat digunakan untuk dibelikan beras dan kebutuhan lainnya,” ungkapnya saat memantau proses penyaluran BLT Dana Desa pada tiga desa di wilayah Kecamatan Kunir, yakni Desa Jatimulyo, Jatirejo, dan Dorogowok, Selasa (5/5/2020).

Memang menurut Bupati yang akrab disapa Cak Thoriq itu, ada beberapa temuan. Misalnya, Desa Jatirejo belum terdistribusikan bantuan beras, karena belum dikirimkan berasnya dari Posko GOR Wirabhakti. ada juga beras yang masih kurang, ada juga alokasi anggaran yang belum maksimal 30 % dari anggaran Dana Desa untuk BLT Dana Desa.

Tapi, ada progres yang baik sekali di Desa Jatimulyo. Data penerima PKH/BPNT 565 Keluarga, Beras 150 Keluarga, Tambahan Bantuan Kementrian Sosial 200 Keluarga, BLT Dana Desa 180 Keluarga.

Advertisement

“Jadi totalnya ada 1.095 Keluarga yang tersentuh bantuan dari berbagai program. Dari jumlah total 1.237 keluarga yang ada di Desa Jatimulyo. Itu artinya, hanya 142 Keluarga yang tidak mendapatkan bantuan. Tentu 142 itu tidak semua orang miskin atau yang terdampak ekonomi karena corona,” terangnya.

Sementara di Desa Dorogowok. Data penerima PKH 141 Keluarga, BPNT 263, Bantuan Beras 264, BLT Dana Desa 140 Keluarga. Jadi totalnya 921 Keluarga yang dapat bantuan. Sedangkan jumlah perkepala keluarga secara keseluruhan 1.002. Itu artinya, hanya menyisakan 75 Keluarga.

“Saya yakin, Desa lain bisa melakukan hal yang sama. Saya dan Bunda Indah Masdar akan terus keliling ke desa desa memastikan bahwa bantuan betul betul nyampek kepada masyarakat,” pungkasnya. (adi/yan)

 

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas