Kota Malang

KKN Internasional UMM, Kenalkan Budaya Indonesia ke Warga Blasteran di Taiwan

Diterbitkan

-

KKN Internasional UMM, Kenalkan Budaya Indonesia ke Warga Blasteran di Taiwan

Memontum Taiwan — Mengabdi tak harus di dalam negeri. Dalam upaya meraih rekognisi Internasional, melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) terus berinovasi. Kali ini, UMM memberangkatkan mahasiswanya ke Taiwan untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional selama 2 minggu.

Sejak diberangkatkan ke Taiwan, Kamis (30/11/2017) sebanyak 17 mahasiswa program studi Hubungan Internasional (HI) menjalani berbagai program pengabdian masyarakat dan berbagai kegiatan lainnya di distrik Meinong. Salah satunya, memperkenalkan budaya Indonesia pada masyarakat blasteran di Meinong.

Berdasarkan pengamatan DPPM, ternyata banyak orang Taiwan yang menikah dengan orang Indonesia. Sayangnya, anak cucu mereka tidak mengerti budaya Indonesia. “Maka dengan ini kita kenalkan budaya Indonesia melalui KKN UMM di Taiwan. Ada juga program pemberdayaan masyarakat lain seperti belajar membatik,” ujar Wakil Direktur II DPPM, Drs. Masduki Mesir, yang disampaikan melalui humas UMM.

Lebih lanjut Masduki menyampaikan, peserta program KKN International ini merupakan para mahasiswa terpilih. Mereka sebelumnya telah melalui beberapa seleksi, meliputi seleksi kesehatan, kesiapan mental dan kesungguhan dalam melaksanakan program pengabdian masyarakat. “Kami memberikan persiapan yang matang kepada calon mahasiswa KKN, berupa pembekalan mental dan penyusunan program-program kerja sejak satu bulan sebelum keberangkatan,” terangnya.

Advertisement

Ditambahkan Masduki, Taiwan menjadi wilayah jujukan KKN Internasional UMM yang pertama. Selanjutnya, program KKN Internasional akan terus dikembangkan ke wilayah-wilayah lain di Asia. Masduki pun berharap, program ini akan menjadi eskalator bagi mahasiswa UMM untuk meningkatkan wawasan internasional. “Melalui KKN Internasional ini, saya berharap mahasiswa UMM tidak lagi berkutat pada wawasan lokal, namun juga berani meningkatkan wawasan global sesuai visi misi UMM,” tukasnya. (rhd/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas