Kabar Desa

Kecamatan Mangaran Situbondo Gelar Sosialisasi PPKM Mikro Sebagai Upaya Menuju Zona Hijau

Diterbitkan

-

Memontum Situbondo – Kecamatan Mangaran gelar giat Sosialisasi PPKM Mikro tingkat dusun, Jika sebelumnya dilakukan di lingkungan kecamatan, kali ini dilakukan pada Rt Rw di Desa Tanjung Glugur, Kecamatan Mangaran.

Terkait kegiatan ini, Desa Tanjung Glugur mendapat giliran pertama untuk bersilaturrahmi. Selain Camat Mangaran, Bambang Djatmiko, bersama tim Satgas Covid-19 kecamatan, hadir pula Forpimka Mangaran (Koramil, Polsek, Pendamping Desa, Rt/Rw dan Kasun serta Bidan Desa) dari PKM Mangaran.

Baca Juga:

Acara yang digelar pada hari Jumat malam 28 Mei 2021 di rumah karang kenek. dan Dusun Tengah ini juga dihadiri oleh Ketua Rt/Rw se wilayah Desa Tanjung Glugur.

Mengingat hingga saat ini Kabupaten Situbondo masih ada 5 kecamatan yang masih zona oranye di antaranya, Kecamatan Situbondo, Kecamatan Panji, Kecamatan Arjasa, Kecamatan Jangkar dan Kecamatan Asembagus, per tanggal 28 Mei 2021 pukul 15.30 WIB.

Advertisement

Camat Mangaran, Bambang Djatmiko, melakukan sosialisasi PPKM Mikro akan dilaksanakan diseluruh desa se Kecamatan Mangaran sesuai petunjuk Presiden RI, Anggaran Desa dialokasikan untuk pencegahan penyebaran Covid-19, PPKM Mikro di tingkat dusun sebagai strategi pengendalian Covid-19 di wilayah Kecamatan Mangaran.

Bambang Djatmiko, menyampaikan jika Covid-19 mampu teratasi, maka ekonomi akan bergerak, aktivitas akan normal kembali dan percepatan pembangunan dapat segera dilakukan dan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud. “Yang pertama-tama kita harus atasi bareng-bareng penanggulangan Covid-19” ujar Bambang Djatmiko, selaku Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Mangaran,

Dalam sosialisasi ini Bambang menerangkan terkait PPKM Mikro, seperti pembagian peta zonasi Covid-19, skema pembiayaan PPKM dan Pembentukan posko Covid-19 tingkat Desa.

Lebih lanjut Bambang menerangkan agar Kecamatan Mangaran segera menjadi zona hijau, untuk itu di tingkat Rt perlu membentuk tim penanganan Covid-19, seperti tim pencegahan yang dapat mengingatkan masyarakat patuh protokol kesehatan, tim penanganan untuk melakukan trashing, tracking, dan treatment yang perlu bekerja sama dengan tenaga kesehatan di Puskesmas.

Advertisement

Selanjutnya pembentukan tim pembinaan untuk mengawal pencegahan penularan Covid-19, yang didukung tim dari tenaga kesehatan. Secara detail Bambang Djatmiko, juga memaparkan peran Rt dalam PPKM Mikro. Sebelum mengakhiri silaturrahmi, Ketua Rt dan Rw mendapat kesempatan untuk melakukan dialog interaktif dengan Camat dan Kepala Desa Tanjung Glugur, Hj.Anisatul Arifah S.Pd.

Pada acara sosialisai PPKM Mikro tingkat dusun tersebut, Camat Mangaran, Bambang Djatmiko, juga memberikan bendera secara simbolis kepada Ketua Rt/Rw sebagai tanda keberadaan kondisi Covid-19. Bendera itu akan dipasang di gang Rt sebagai penanda tingkat risiko penularan Covid-19 di Rt tersebut. (her/ed2)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas