Pemerintahan

Pemkab Situbondo Raih Penghargaan APE dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Diterbitkan

-

Memontum Situbondo – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia, memberikan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Madya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo, Senin (27/09/2021).

Penghargaan APE yang diperoleh dari KPPPA ini, diperoleh atas dukungan dari masyarakat dan dinas terkait serta kerja keras Pemerintah Kabupaten Situbondo dalam mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan serta pemenuhan kebutuhan anak.

Baca juga:

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Situbondo, Imam Hidayat, mengatakan bahwa penghargaan ini menunjukkan komitmen Pemkab Situbondo.

Di mana, ada tujuh indikator dalam penilaian PUG dari Kementerian P3A, yang salah satunya adanya partisipasi masyarakat dalam PUG tersebut. Baik dalam perorangan maupun kelompok.

Advertisement

“Dimana itu semua melalui penilaian yang cukup ketat dan transparan,” jelasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Owner RS Mitra Sehat ini menjelaskan, sejauh ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Situbondo sudah memiliki perencanaan responsif gender. Sehingga, hal tersebut menjadi nilai tambah bagi pemerintah daerah. 

“Misalnya di DP3A itu sudah melakukan pelatihan-pelatihan pemberdayaan perempuan. Kemudian di Dinas PUPR itu ada fasilitas penerangan jalan umum (PJU). Inikan sudah menunjukkan ramah terhadap perempuan dan anak,” terang Imam Hidayat .

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi MM, mengucapkan terima kasih kepada Kementerian P3A Republik Indonesia karena telah memberikan penghargaan tersebut.

Advertisement

“Ini menjadi penyemangat bagi pemerintah daerah untuk terus mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Kami akan terus semangat dan bekerja keras untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada kaum perempuan. Sehingga, tidak ada lagi diskriminasi di Kabupaten Tercinta ini kepada para perempuan,” terang Bupati Situbondo. (her/mam/sit)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas