Hukum & Kriminal

Kepergok Curi Kotak Amal, Seorang Terduga Pelaku Nyaris Dihajar Massa

Diterbitkan

-

Kepergok Curi Kotak Amal, Seorang Terduga Pelaku Nyaris Dihajar Massa
BB: Barang bukti (BB) kotak amal dibawa ke Mapolres Situbondo. (memontum.com/her)

Memontum Situbondo – Seorang warga asal Dringu, Kabupaten Probolinggo, nyaris menjadi bulan-bulanan aksi massa. Warga bernisial CK ini, hampir menjadi sasaran amukan warga, setelah kepergok akan mencuri uang kotak amal di Masjid Annur, Dusun Pesisir, Desa Silomukti, Kecamatan Mlandingan, Selasa (09/11/2021).

Untungnya, polisi segera tiba di lokasi dan segera mengamankan pelaku ke Mapolsek Mlandingan. Terungkap aksi pelaku setelah warga curiga dengan gerak gerik nya saat masuk ke areal masjid. 

Selanjutnya, warga yang rumahnya berada di samping masjid melakukan pengintaian dari kejauhan.

Baca juga:

Advertisement

Benar saja, kecurigaan warga ternyata benar. Pelaku yang saat itu berada di masjid mulai mendekati kotak amal. Tak lama kemudian, terlihat pelaku berusaha memecahkan kaca kotak amal.

Tampaknya, pelaku sudah cukup pengalaman. Dia kemudian melapisi kotak amal dengan sajadah agar suara pecahan kaca tidak didengar warga. “Tapi kaca kotak amal tidak pecah meski dipukul pelaku,” ujar Adnan, salah seorang Takmir Masjid Annur kepada Memontum saat di Mapolres Situbondo.

Setelah tidak berhasil memecahkan kotak amal, pelaku berusaha mencongkel kunci kotak amal dengan menggunakan plat besi yang dibawanya. “Saat didatangi warga, pelaku langsung kabur ke kamar mandi,” katanya sembari menunjukkan kotak amal yang dijadikan barang bukti oleh polisi. 

Karena pelaku tidak kunjung keluar dari tempat persembunyiannya, akhirnya warga yang kesal memanggil warga yang lain untuk menangkap pelaku. “Baru setelah itu pelaku ditangkap dan diserahkan ke polisi,” ujarnya. 

Adnan mengatakan, aksi pencurian kotak amal di masjid itu bukan kali ini terjadi, namun sudah berkali kali kehilangan uang di kotak amal. “Ini yang keempat kalinya, maka warga berinisiatif mengintainya setiap ada orang yang mencurigakan masuk ke masjid,” ungkapnya.

Advertisement

Kasi Humas Polres Situbondo, Iptu Sutrisno, membenarkan percobaan pencurian kotak amal milik masjid di Desa Silomukti, Kecamatan Mlandingan itu. Menurutnya, kasus dugaan pencurian kotak amal saat ini dilimpahkan ke Mapolres oleh pihak Polsek Mlandingan. “Pelaku saat ini masih diperiksa di ruang penyidik Reskrim,” kata mantan Kasiwas Polres Situbondo. (her/gie)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas