Kabupaten Malang

Kukuhkan Forum Pelaksana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Kabupaten Malang, Bupati Sanusi Harapkan Lima Sasaran Penting Dicapai

Diterbitkan

-

Kukuhkan Forum Pelaksana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Kabupaten Malang, Bupati Sanusi Harapkan Lima Sasaran Penting Dicapai

Memontum Malang – Bupati Malang, HM Sanusi, mengukuhkan kepengurusan Forum Pelaksana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Kabupaten Malang Tahun 2021-2023 di salah satu hotel di Kepanjen, Kabupaten Malang, Jumat (11/02/2022) pagi. Dalam pengukuhan ini, Ketua Umum dijabat oleh Kepala Bank Jatim Kepanjen, Ketua dijabat Direktur PT Japfa Comfeed Indonesia, dan Sekretaris dijabat Direktur Pabrik Gula Kebon Agung, serta sejumlah pihak terlibat masuk dalam struktur kepengurusan forum tersebut.

Dalam kesempatan itu, Bupati Malang mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus dan anggota Forum Pelaksana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Kabupaten Malang masa bakti Tahun 2021-2023. “Ini sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Malang Nomor: 188.45/675/KEP/35.07.013/2021 tentang Forum Pelaksana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Kabupaten Malang Tahun 2021-2023. Mudah-mudahan forum ini mampu menjadi forum yang strategis dan dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap jalannya pembangunan di wilayah Kabupaten Malang,” kata Bupati Sanusi.

Dirinya juga mengatakan, bahwa di era modern seperti sekarang ini, konsep pelaksanaan pemerintahan telah mengalami pergeseran. Sebelumnya, pemerintah lebih cenderung berperan sebagai penyedia, pelaku pembangunan dan pelayan bagi masyarakat. Namun sekarang, peran pemerintah bergerak lebih dinamis dan bertindak pula sebagai pendorong terciptanya lingkungan yang mampu memfasilitasi berbagai pihak dalam komunitas masyarakat dan juga sektor swasta, untuk bersama-sama mensukseskan agenda pembangunan.

“Artinya, sektor swasta saat ini terus dipacu untuk ikut aktif melakukan upaya-upaya pembangunan dan pelayanan, yang mana salah satunya dapat diaktualisasikan melalui pelaksanaan program Corporate Social Responsibility atau CSR,” imbuhnya.

Advertisement

Baca juga :

Berkaitan dengan hal tersebut, Kabupaten Malang sendiri merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi CSR yang cukup besar. Oleh karenanya, Sanusi menjelaskan perlu adanya strategi untuk mengupayakan agar potensi CSR ini dapat dimaksimalkan, dan diwujudkan melalui program-program CSR yang tepat sasaran dan sesuai dengan Visi Pemerintah Kabupaten Malang.

“Karenanya, keberadaan Forum Pelaksana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Kabupaten Malang ini, adalah wadah yang tepat dan sangat dibutuhkan dalam rangka mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Malang, melalui pelaksanaan program CSR yang terintegrasi dengan pembangunan daerah. Secara khusus, terdapat lima sasaran penting yang perlu diwujudkan dalam penyelenggaraan CSR di Kabupaten Malang. Yakni, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan daya saing perusahaan, meningkatkan kualitas lingkungan hidup, meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan kualitas kesehatan,” tambahnya.

Bupati Malang menjelaskan, dari CSR perusahaan-perusahaan di Kabupaten Malang, untuk sementara memang belum banyak nampak ke sektor infrastruktur. Namun, seperti Bank Jatim tercatat telah membantu pengadaan penampungan pedagang di Pasar Lawang. Rencananya, nanti juga akan membantu pembangunan kembali secara mandiri Pasar Bululawang, yang juga terlalap kebakaran beberapa waktu lalu.

“Konsep untuk di Pasar Bululawang, agar masyarakat bisa membangun sendiri. Setelahnya, baru nanti kita bantu dari CSR. Sehingga, mereka tidak perlu penampungan, melainkan bisa langsung dibangun dan langsung menempati serta bekerja kembali terlebih sudah mendekati bulan Ramadhan dan Lebaran,” paparnya. (cw1/sit)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas