Kota Malang

Tingkatkan Kualitas Ruang Terbuka Hijau, DLH Kota Malang Lakukan Rehab dan Penambahan Taman

Diterbitkan

-

TAMAN: Salah satu taman di Simpang Jalan Gajahmada, yang ditambah oleh DLH Kota Malang. (ist)

Memontum Kota Malang – Dalam upaya memperluas dan meningkatkan kualitas Ruang Terbuka Hijau (RTH), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang terus melakukan berbagai langkah strategis. Di tahun 2024 ini, ada beberapa taman kota yang dilakukan perbaikan dan penambahan fasilitas.

Kepala Bidang (Kabid) RTH DLH Kota Malang, Laode KB Al Fitra, menyampaikan bahwa pelaksanaan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan fungsinya sebagai ruang publik yang inklusif. Beberapa RTH itu, diantaranya seperti Hutan Kota Kediri yang terletak di Jalan Gresik, Gadingkasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

“Di Hutan Kota Kediri itu selain kita lakukan rehabilitasi, juga dilakukan penambahan fasilitas toilet, playground untuk anak-anak, serta area untuk Lansia yang bisa digunakan untuk kegiatan senam atau aktivitas fisik lainnya. Termasuk, jalur untuk difabel juga sudah kami sediakan,” ungkap Laode, Rabu (09/10/2024) tadi.

Selain Hutan Kota Kediri, DLH juga melakukan penghijauan di Taman Basuki Rahmat dengan mengganti plettering jalan menggunakan tanaman bougenvil. Meski begitu, Laode menegaskan bahwa hasil penghijauan membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasil maksimal, seperti halnya pohon tabebuya yang kini mulai indah setelah tiga tahun ditanam.

Advertisement

“Tanaman kan butuh waktu, ya mungkin ini butuh waktu setengah tahunan lagi baru bisa bagus hasilnya,” ucapnya.

Baca juga :

Selain itu, juga dilakukan penataan Taman Bola di simpang Jalan Gajahmada, Kecamatan Klojen. Dimana itu awalnya hanya berupa segitiga biasa dan kini ditambah dengan patung bola sebagai ciri khas. Di samping itu, juga memanfaatkan lahan kosong milik Pemkot Malang yang ada di Jalan Danau Yamur, Sawojajar, telah diubah menjadi taman yang fungsional.

“Kami juga melakukan pemasangan signage (simbol) di Jalan Raya Langsep, serta treatment taman di Jalan Satria Barat. Semua ini merupakan bagian dari upaya kami meningkatkan kualitas RTH di Kota Malang,” katanya.

Tak hanya itu, DLH Kota Malang juga sedang dalam tahap pembangunan taman Infolink, yang akan dilengkapi dengan papan informasi digital. Taman ini akan menampilkan data terkait kelembapan udara, suhu, dan informasi lingkungan Kota Malang, serta profil-profil taman di wilayah tersebut. Meski begitu, lokasi pasti dari taman ini masih dirahasiakan.

Advertisement

“Proyek ini akan rampung dalam waktu dekat, namun untuk saat ini kami belum bisa mengungkapkan detail lokasinya. Yang jelas, taman tersebut berada di Kota Malang,” imbuh Laode.

Dengan adanya penambahan dan peningkatan kualitas taman ini, Laode berharap warga Kota Malang dapat menikmati fasilitas publik yang lebih baik, sembari menjaga keseimbangan lingkungan melalui ruang terbuka hijau yang memadai. (rsy/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas