Mojokerto

Bati Wanwil Koramil 0815/12 Ngoro Bersama Poktan Tani Sukoanyar Lakukan Pengubinan

Diterbitkan

-

Bati Wanwil Koramil 081512 Ngoro Bersama Poktan Tani Sukoanyar Lakukan Pengubinan+

Memontum Mojokerto – Koordinator Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Ngoro, Pa’i Haryanto, SP beserta enam anggota PPL bersama Bati Wanwil Koramil 0815/12 Ngoro Serma Dwi Handoko bersama Babinsa Sukoanyar Serda Susanto dan Ketua Poktan Tani Sukoanyar, Azis melakukan pengubinan padi di sawah milik Lubisono, Poktan Tani Sukoanyar, Dusun Sukoanyar, Desa Sukoanyar Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jum’at (23/03/2018).

Pengubinan di sawah seluas 1100 m2 (0,11 ha) yang ditanami padi varietas Situbagendit dilakukan dengan meneliti area 2,5 × 2,5 meter dan didapati panjang malai 24 Cm, jumlah bulir 154–161, jumlah rumpun 146, jumlah anakan 21– 23, berat ubinan 5,3 Kg gabah. Dari hasil tersebut diproyeksikan dalam satu hektar diperkirakan akan menghasilkan padi sekitar 8,5 ton. Sementara harga GKP 4000 dan harga GKP Rp 5.100.

Koordinator PPL Pa’i Haryanto, SP mengatakan, kegiatan pengubinan ini dilakukan untuk tanaman padi dan jagung yang benar-benar siap untuk dipanen. “Diharapakan melalui pengubinan ini, para petani dapat mengetahui potensi hasil panen dalam satu hamparan,” ujarnya.
“Pengubinan juga merupakan sarana pembelajaran bagi para petani dan Poktan selaku pelaku utama dalam budidaya pertanian, guna menambah wawasan atau pengetahuan tentang estimasi produksi gabah yang akan diperoleh saat panen,” ungkapnya.

Secara terpisah, Danramil 0815/12 Ngoro Kodim 0815 Mojokerto Kapten Chb Djenal Abidin mengungkapkan, kegiatan pengubinan ini bagian dari pendampingan ketahanan pangan, yang dilakukan para Babinsa sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan. (gan/ono)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas