Kota Malang

Kontes Robot di Polinema, Adu Cepat dan Tepat, Berlangsung Sengit

Diterbitkan

-

Pemukulan gong menandai pembukaan KRI Regional 4 di Polinema. (rhd)

Memontum Kota Malang — Dalam gelaran puncak Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional IV yang digelar di Graha Polinema, Kamis (3/5/2018), upaya sengit dan tak kenal lelah dipertontonkan para punggawa tim perwakilan 42 perguruan tinggi di area Jawa bagian timur, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Gaung tepuk tangan dan yel-yel mahasiswa suporter dari berbagai universitas di tanah air ini turut mewarnai arena dalam mensupport tim jagoannya.

Sebagai tuan rumah, Politeknik Negeri Malang (Polinema) telah mempersiapkan arena untuk kompetisi sesuai standar Dikti, bahkan lebih mewah. Ibarat ajang lokal rasa nasional. “Arena yang disuguhkan Polinema ini luar biasa dalam menyukseskan KRI Regional 4 2018 ini. Dimana KRI Regional 4 merupakan kelanjutan dari regional 3 dan 1, yang nantinya berlanjut ke regional 2. Nantinya mereka akan melaju ke tingkat nasional yang puncaknya pada 10-14 Juli 2018 di Yogyakarta. Selanjutnya berhak mewakili Indonesia di tingkat internasional, pada 3 divisi, yaitu KRPAI di Trinity Colleges Amerika, KRAI di Vietnam, dan KRSBI di Montreal,” jelas Misbach Fikrianto, Kasubdit Penalaran dan Kreatifitas Dirjen Belmawa Kemenristekdikti, sebelum membuka KRI Regional 4 2018.

Direktur dan Senat Polinema, beserta Dirjen Kemenristekdikti dan tamu undangan

Direktur dan Senat Polinema, beserta Dirjen Kemenristekdikti dan tamu undangan

Secara kuantitas, animo mahasiswa mengalami peningkatan jumlah peserta sekitar 10-15 persen, khususnya dari Indonesia Timur. Sementara secara kualitas, prestasi mahasiswa di bidang robotika yang berkaitan dengan teknologi, digitalisasi, dan genomic juga mengalami peningkatan. “Indonesia selalu meraih emas di ajang Internasional. Ini menunjukkan bahwa teknologi yang digunakan mahasiswa semakin berkembang dan uptodate mengikuti perkembangan jaman atau teknologi. Dan permainannya semakin seru,” tambah Misbach.

Bersama para perwakilan tim peserta KRI Regional 4. (rhd)

Bersama para perwakilan tim peserta KRI Regional 4. (rhd)

(baca juga : Polinema Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia Regional IV 2018 )

“Total Peserta Regional 4 diikuti 42 Perguruan Tinggi yang dibagi dalam 97 tim, dimana terbagi KRAI 20 tim, KRPAI 32 tim, KRSBI Beroda 22 tim; KRSBI Humanoid 9 tim, dan KRSTI 14 tim. Dari 9 tim yang ada di KRSBI Humanoid, ada 3 tim yang berasal dari Regional 3 yang bergabung di Regional 4. Total sekitar 290 mahasiswa yang turut serta,” jelas Dr Indrazno Siradjuddin, Ph.D, Ketua Panitia Regional 4.

Advertisement

Laman: 1 2

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas