Blitar

Operasi di Terminal Patria, Petugas Temukan Bus Tak Dilengkapi Rem Tangan

Diterbitkan

-

Operasi di Terminal Patria, Petugas Temukan Bus Tak Dilengkapi Rem Tangan

Memontum Blitar – Petugas Kementerian Perhubungan yang bertugas di Terminal Patria Kota Blitar, melakukan uji kelayakan angkutan lebaran jelang musim mudik. Di terminal Jalan Kenari Kota Blitar tersebut, petugas mendapati armada bus di terminal Patria tidak memeliki rem tangan. Uji kelayakan ini akan dilakukan mulai 15 Mei lalu hingga H + 8 hari raya Idul Fitri.

Armada bus yang tidak memiliki rem tangan tersebut adalah bus Rukun Jaya jurusan Blitar-Surabaya melalui Kediri. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, petugas langsung melarang bus tersebut beroperasi.

Staf Kementerian Perhubungan yang bertugas di Terminal Patria Kota Blitar, Andreas Sayogo mengatakan, bus yang tak memiliki rem tangan tersebut dinyatakan tak bisa beroperasi. Sopir bus tersebut juga sudah dimintai tanda tangan pada lembar pengecekan persyaratan teknis layak jalan.

“Ada 25 item persyaratan layak jalan. Jika tidak terpenuhi satu saja sudah dinyatakan tak bisa beroperasi. Nah, untuk yang tidak ada hand remnya tadi, kami tidak memberi rekomendasi. Namun kalau di luaran ngeyel beroperasi kami tidak bertangung jawab jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan”, kata Andreas Sayogo, Senin (04/06/2018).

Advertisement

Lebih lanjut Andreas menyampaikan, untuk armada yang dinyatakan layak jalan pihaknya memberi tanda khusus berupa stiker dari Kementerian Perhubungan. Stiker ini menandakan bahwa bus tersebut sudah dinyatakan lulus pemeriksaan teknis, serta dinyatakan layak jalan. Dia juga menyarankan agar calon penumpang memilih armada yang memiliki stiker tersebut. “Kami akan beri tanda berupa stiker di kaca depan. Stiker kelayakan ini langsung dari Kementerian Perhunungan”, tegasnya. (jar/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas