Blitar

Operasi Ketupat Semeru, Antisipasi Kemacetan dan Waspadai Potensi Kriminalitas

Diterbitkan

-

Operasi Ketupat Semeru, Antisipasi Kemacetan dan Waspadai Potensi Kriminalitas

Memontum Blitar – Polres Blitar Kota bersama instansi terkait seperti TNI, Dinas Perhungan, dan Satpo PP, menggelar apel pasukan Operasi Ketupat Semeru 2018 di Halaman Mapolres Blitar Kota, Rabu (06/06/2018). Ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Dalam apel gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru tahun 2018 tersebut, Kasatlantas, AKP Yanto Mulyanto bertindak sebagai Komandan Upacara. Sementara Irup dijabat oleh Wakil Walikota Blitar, Santoso.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar mengatakan, Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 15 dan 16 Juni 2018 mendatang. Sedangkan arus mudik dan balik diperkirakan bakal terjadi pada 7 – 25 Juni 2018. Operasi Ketupat 2018 ini, rencananya akan berlangsung selama 18 hari.

“Di sepanjang jalur utama yang akan dilewati para pemudik di wilayah Kota Blitar, akan kita dirikan pos pelayanan masyarakat, pos terpadu, pos penjagaan atau pos pengamanan”, kata Adewira Negara Siregar, Rabu (06/06/2018).

Advertisement

Lebih lanjut Adewira menjelaskan, dalam Operasi Ketupat Semeru 2018 ini, ada sekitar 500 personil gabungan yang akan diturunkan. Diantaranya dari Polri, TNI, Satpol PP Kota Blitar, Dinas Perhubungan Kota Blitat, serta instansi terkait. Dan ada 4 Pospam yang didirikan Polres Blitar Kota, yaitu di Alon-alon Kota Blitar, Penataran Nglegok, Srengat, dan Terminal Patria Kota Blitar.

Menurut Adewira, ada beberapa yang harus diwaspadai selama musim mudik lebaran 2018 kali ini, yaitu peningkatan volume kendaraan di jalur By Pass.

“Selain pengamanan arus kendaraan lalu lintas yang dilakukan, juga akan dilakukan kegiatan dalam rangka mengantisipasi aksi kriminalitas, seperti pencurian, perampokan, dan kejahatan teroris”, jelasnya.

Kapolres Blitar Kota menambahkan, titik rawan yang diprediksi akan terjadi kemacetan arus lalu lintas berada di tengah kota dan tempat-tempat wisata. Seperti Water Park Sumber Udel, Makam Bung Karno, dan Candi Penataran Nglegok.

Advertisement

“Agar dapat berjalan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan bersama, kita sangat berharap peran serta dari seluruh stakeholder untuk membantu keberhasilan dalam Operasi Ketupat 2018”, harap Kapolres Blitar Kota. (jar/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas