Kabupaten Malang

Bupati Rendra Ingatkan Pentingnya Penegakkan HAM, Demi Berbangsa dan Bernegara

Diterbitkan

-

Bupati Rendra Ingatkan Pentingnya Penegakkan HAM, Demi Berbangsa dan Bernegara

Memontum Malang – Bupati Malang Dr.H.Rendra Kresna memandang,Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk ditegakkan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Menurutnya, upaya penegakan HAM juga masih banyak mengalami hambatan.

Hal itu membuat hingga saat ini masih sering dan cukup banyak terjadi pelanggaran HAM yang belum terselesaikan dengan baik. Salah satu yang menjadikan HAM sulit ditegakkan adalah masih rendahnya kesadaran dan keberanian masyarakat untuk melaporkan pelanggaran yang terjadi baik yang dialami individu sendiri maupun orang lain.

“Kita semua harus menyadari pula, bahwa pada setiap hak melekat juga kewajiban. Karena itu,selain ada hak asasi manusia, ada juga kewajiban asasi manusia, yaitu kewajiban yang harus dilaksanakan demi terlaksana atau tegaknya HAM,” terang Rendra.

Juga disebutkan,dalam upaya penegakan HAM, seluruh komponen yang ada wajib untuk memperhatikan, menghormati, dan menghargai hak asasi yang juga dimiliki oleh orang lain.

Advertisement

“Upaya hukum dapat dilakukan oleh perorangan maupun masyarakat melalui mekanisme pengaduan dan pelaporan atas terjadinya pelanggaran Hak Asasi Manusia kepada lembaga-lembaga yang diberikan wewenang oleh peraturan perundang-undangan di Indonesia,” tandasnya.(Sur/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas