Kota Malang

Emil – Dewanti Kuliah Umum di UMM, Perempuan Aset Bangsa dan Revolusi Industri 4.0

Diterbitkan

-

Emil - Dewanti Kuliah Umum di UMM, Perempuan Aset Bangsa dan Revolusi Industri 4.0

Memontum Kota Malang – Keterlibatan perempuan dalam segala aspek kehidupan menjadi salah satu syarat dalam mewujudkan pembangunan yang berkeadilan. Terlebih dalam menghadapi revolusi industri 4.0, potensi perempuan merupakan aset nasional terbesar, baik dalam pembangunan keluarga maupun bangsa dan negara. Pemerintah provinsi Jawa Timur memiliki peran dan tanggungjawab dalam mewujudkan pembangunan berkeadilan.

“Salah satu tanggung jawabnya, yaitu meningkatkan kedudukan dan peran serta perempuan dalam pembangunan, serta program Peningkatan Peran Serta dan Kesetaraan Gender dalam Pembangunan,” ungkap Wakil Gubernur Jawa Timur Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, hadapan ribuan mahasiswa UMM, saat mengisi kuliah umum Strategi dan Implementasi Program Nawa Bhakti Satya Bagi Dunia Kampus, di Dome UMM, Rabu (6/3/2019).

Mantan Bupati Trenggalek ini mengatakan, budaya Jawa Timur masih menganut budaya Patriarki, yaitu berdasar garis keturunan dari Bapak. Kesetaraan gender, merupakan hak asasi sebagai manusia untuk hidup secara terhormat, bebas dari rasa ketakutan, dan bebas menentukan pilihan hidup.

“Tidak hanya diperuntukan bagi para laki-laki, perempuan pun mempunyai hak yang sama pada hakikatnya. Dari sisi inilah, Pemprov Jatim berusaha menyeimbangkan peran perempuan dan laki-laki, namun tanpa menghilangkan budaya yang ada. Misal dari sisi pendidikan, politik, kesehatan, ekonomi maupun ketenagakerjaan. Tentunya ini tidaklah mudah,” jelas Emil, saat menggantikan Gubernur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si dalam pemaparan program Nawa Bhakti Satya, memperingati Hari Perempuan Internasional 8 Maret.

Advertisement

Program kampanye Labour Rights for Women ditujukan bagi pekerja perempuan muda, tidak ada henti-hentinya menyuarakan dan mengedukasi perempuan. Kesetaraan gender tidak harus dipandang sebagai hak dan kewajiban yang sama persis tanpa pertimbangan selanjutnya.

 

Laman: 1 2

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas