Kota Batu

DPRD Kota Batu Usulkan 295 Pokir untuk Tahun Anggaran 2024

Diterbitkan

-

Memontum Kota Batu – DPRD Kota Batu mengusulkan sebanyak 295 pokok pikiran (Pokir) di tahun anggaran APBD 2024. Sejumlah Pokir itu, diajukan dari hasil reses tahun 2023, yang usulannya berasal dari aspirasi masyarakat dan pengajuan desa di tiga daerah pemilihan (Dapil) wilayah Kota Batu.

Wakil Ketua I DPRD Kota Batu, Nurochman, menyampaikan bahwa dari 30 anggota legislatif Kota Batu, semua telah melaksanakan reses sebanyak tiga kali selama tahun 2023. “Jadi, dari hasil reses anggota DPRD Kota Batu, itu setelah dianalisa menghasilkan sebanyak 295 Pokir yang akan diusulkan di tahun 2024,” terangnya di Gedung DPRD Kota Batu, Selasa (03/10/2023) tadi.

Selama tiga kali reses tahun 2023 itu, ujarnya, ternyata setiap anggota rata-rata menyampaikan 50 usulan, yang disampaikan untuk diakomodir di tahun 2024 mendatang. Namun begitu, seluruh usulan tersebut belum tentu diakomodir semuanya. Karena, harus diverifikasi dahulu oleh Bappelitbangda.

Baca juga :

Advertisement

Misalnya saja, paparnya, pembangunan plengsengan, penerangan jalan umum, pavingisasi, pembuatan saluran drainase hingga pembangunan tempat ibadah. “Kondisi keuangan Pemerintah Kota Batu, saya melihatnya berangsur-angsur membaik. Setelah pandemi Covid-19, saya berharap semua usulan bisa masuk,” tambahnya.

Sedangkan, usulan hasil tiga kali reses yang menghasilkan Pokir, itu untuk diajukan dan diambil dari aspirasi masyarakat dan pengajuan dari desa. Dari total 295 usulan dari hasil reses, itu terbagi Dapil 1 ada 8 usulan, Dapil 2 ada 69 usulan, Dapil 3 sebanyak 65 Dapil 4 sejumlah 81 usulan.

“Tentunya, dari 295 Pokir yang diusulkan masih dievaluasi. Dan, mengenai anggaran juga harus dilakukan survei. Setelah itu, pagu anggaran bisa dihitung. Artinya, berapa besarannya juga belum bisa diperkirakan,” jelasnya. (put/sit)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas