Mojokerto

Gandeng UMKM Mojokerto, Kemenkominfo Gelar Digital Marketing bagi UMKM Pemula di Brangkal

Diterbitkan

-

Memontum Mojokerto – Di tengah isu resesi ekonomi, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEa) mencatat pertumbuhan e-commerce di Tanah Air terus berkembang dengan baik hingga 2023. Hal itu, dibuktikan dengan pertumbuhan UMKM go digital yang sudah menembus angka 21,8 juta.

Menyadari UMKM sebagai salah satu kekuatan penyangga ekonomi rakyat, sekaligus untuk mengembangkan keterampilan promosi melalui media digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan UMKM Mojokerto, akan menggelar diskusi literasi digital di Halaman Balai Desa Brangkal, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Kamis (20/07/2023) besok malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Diskusi luring (offline) bertajuk ‘Digital Marketing bagi UMKM Pemula’ itu, akan menghadirkan tiga nara sumber. Yaitu, Kreator Konten, Babytha Fara, key opinion leader (KOL), Nessa Icha, penyiar, Arief Boo dan Riska Regita selaku moderator.

”Diskusi literasi digital masuk desa ini digelar gratis. Bisa diikuti dengan cara mengisi link registrasi peserta di https://s.id/DaftarMojokerto2007. Peserta akan mendapat e-sertifikat, juga hadiah e-money senilai Rp 1 juta untuk 10 peserta yang beruntung,” tulis Kemenkominfo dalam rilisnya, Rabu (19/07/2023) tadi.

Advertisement

Terkait tema diskusi, Kemenkominfo mengatakan para pelaku UMKM harus mampu beradaptasi dengan sistem ekonomi digital. Pelaku UMKM pemula butuh keterampilan digital marketing dalam upaya bertransformasi menuju go digital.

”Dari tahun ke tahun, pertumbuhan UMKM go digital terus meningkat. Jika sebelum pandemi Covid-19 jumlahnya mencapai 12,8 juta yang sudah masuk ke platform e-commerce, sekarang merangkak naik menjadi 21,8 juta pelaku UMKM go digital,” jelas Kemenkominfo dalam rilis.

Baca juga :

Di lain sisi, lanjut Kemenkominfo, pendapatan ekonomi digital pada tahun 2022 mencapai US$ 77 miliar. Jumlah pendapatan tersebut naik 22 persen dari tahun 2021, di mana pendapatan ekonomi digital secara total mencapai US$ 63 miliar. “Optimisme pertumbuhan e-commerce di Tanah Air juga dipertegas dengan event Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2022 yang menunjukkan hasil positif. Digital marketing bagi UMKM pemula diharapkan mampu mendorong lebih banyak lagi pelaku UMKM untuk go digital,” imbuh Kemenkominfo.

Sebagai catatan, transaksi pada Harbolnas 2022 telah berhasil menembus angka Rp 22,7 triliun atau naik sebesar 26 persen dibandingkan tahun 2021. Menariknya, peningkatan tersebut mampu ditorehkan oleh produk lokal sebesar 44 persen.

Advertisement

Selain diskusi yang digelar ‘chip in’ di acara Gebyar 1000 Pasar Wisata BUMDes Tour Jatim 2023-2025, panitia juga menggelar pangan murah, bazar makanan dan minuman (UMKM), pameran UMKM, pertunjukan hiburan dari Cak Shodiq serta wahana hiburan lainnya. Diskusi literasi digital pada lingkup komunitas, untuk diketahui, merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia #MakinCakapDigital (IMCD). IMCD diinisiasi Kemenkominfo untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.

Tahun ini, program IMCD menargetkan 5,5 juta warga masyarakat sebagai peserta, utamanya mereka yang belum pernah mengikuti kegiatan literasi digital. IMCD sendiri bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.

Program #literasidigitalkominfo tahun ini dilaksanakan sejak 27 Januari 2023. Program Kemenkominfo yang berkolaborasi dengan Siber Kreasi dan 18 mitra jejaring ini membidik segmen pendidikan dan segmen kelompok masyarakat sebagai peserta.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fan Page dan Kanal YouTube Literasi Digital Kominfo serta website info.literasidigital.id. (hms/sit)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas