Hukum & Kriminal

Jatuh di Sumur dan Meninggal, Warga Watulimo Trenggalek Berhasil Dievakuasi Tim SAR Gabungan

Diterbitkan

-

EVAKUASI: Tim SAR Gabungan saat melakukan evaluasi. (tim sar for memontum)

Memontum Trenggalek – Ponisah (50), warga Dusun Ngruno, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, secara tiba-tiba ditemukan berada di dalam sumur tidak jauh dari rumahnya pada Senin (10/06/2024) sekitar pukul 07.00. Saat ditemukan, korban sudah tidak bergerak hingga pihak keluarga dan warga sekitar melaporkan kejadian ini ke petugas dan Tim SAR.

Sementara atas laporan itu, Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya memberangkatkan satu Tim Rescue Pos SAR Trenggalek. Setibanya di lokasi, Tim SAR gabungan berupaya mengurangi gas beracun dari sumur sedalam 15 meter tersebut dengan blower exhaust fan.

Baca juga :

Sementara itu, Tim SAR bergerak cepat dengan memasang tripod dan sistem Confined Space Rescue (CSR) untuk menurunkan satu personel rescue yang menggunakan Self Contained Breathing Apparatus (SCBA). Setelah berhasil mengikatkan tali pada korban, Tim SAR yang berada di atas segera menarik rescuer dan korban yang telah meninggal dunia, agar dapat keluar dari sumur.

Advertisement

“Upaya evakuasi membutuhkan proses sekitar 45 menit. Korban dievakuasi dari sumur yang kedalaman airnya 8 meter dengan keadaan telah meninggal dunia,” jelas Kepala Kantor SAR Surabaya, Muhamad Hariyadi.

Setelah dievakuasi oleh Tim SAR gabungan, tambah Hariyadi, jenazah korban kemudian dibawa menuju ke rumah duka. Sementara untuk upaya evakuasi ini, dilakukan bersama dengan unsur lain seperti Polsek Watulimo, Koramil Watulimo, Damkar serta warga sekitar. (hms/gie)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas