Kota Batu

Kota Batu Berduka, Mantan Wali Berpulang

Diterbitkan

-

Memontum Kota Batu – Kota Batu berduka. Mantan Wali Kota Batu periode 2007-2017, Edy Rumpoko atau biasa akrab disapa ER, berpulang, Kamis (30/11/2023) sekitar pukul 05.11 WIB. Sebelumnya, diperoleh informasi bahwa ER sempat menjalani perawatan di rumah sakit di Semarang, Jawa Tengah.

Mantan Wakil Wali Kota Batu periode 2012-2017, Punjul Santoso, mengatakan bahwa berpulangnya almarhum sangat mengejutkan dirinya. Edy Rumpoko sendiri, dikenal sebagai sosok yang luar biasa. Bahkan, memiliki visi misi ke depan untuk Kota Batu, hingga sekarang bisa seperti saat ini.

“Edy Rumpoko dikenal sebagai sosok wali kota yang akrab dengan masyarakat. Saat mencalonkan hingga sudah menjabat wali kota, itu senantiasa turun ke bawah. Mengedukasi serta menampung aspirasi masyarakat,” terangnya, saat berada di rumah duka, Jalan Trunojoyo, Kota Batu, Kamis (30/11/2023) tadi.

Baca juga:

Advertisement

Mengenai penyebab meninggalnya mantan wali kota itu, Punjul mengatakan, bahwa sebelumnya diinformasikan sakit. Namun, secara pasti dirinya kurang begitu paham.

“Yang jelas, Pak Edy sakit. Terus, tadi malam di rumah sakit di Semarang, kemudian pagi tadi pukul 05.11 WIB, dikabarkan berpulang. Jadi, saya pun kaget dengan kabar meninggalnya beliau,” ujarnya.

Mengenai prestasi selama menjabat Wali Kota Batu periode 2007-2017, Punjul menambahkan bahwa Edy Rumpoko merupakan penggagas Balai Kota Among Tani, yang memiliki luas 4 hektar. Di sisi lain, juga menjadikan Kota Batu banyak destinasi wisata hingga saat ini. Di mana, awalnya Kota Batu merupakan daerah berbasis pertanian.

“Yang jelas, saya dan seluruh warga Kota Batu, itu merasa kehilangan atas meninggalnya Pak Edy Rumpoko,” tegasnya.

Advertisement

Diperoleh informasi, jenazah Edy Rumpoko diberangkatkan dari rumah sakit di Semarang, Jawa Tengah pada Kamis (30/11/2023) pukul 08.00 menuju Kota Batu. Rencananya, jenazah akan dibawa dahulu ke rumah duka di Jalan Trunojoyo, Kota Batu, untuk disalatkan di Masjid Kolonel Sugiono, Balai Kota Among Tani, yang selanjutnya akan dimakamkan di TMP Kota Batu. (put/sit)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas