Connect with us

Bondowoso

Panitia Pilkades Bondowoso Siapkan Penanganan Cakades Stres dan Sengketa Paska Pilkades Serentak

Diterbitkan

||

Panitia Pilkades Bondowoso Siapkan Penanganan Cakades Stres dan Sengketa Paska Pilkades Serentak

Memontum Bondowoso – Panitia Pilkades Serentak Kabupaten Bondowoso, memfasilitasi jika ada Cakades kalah yang kemudian stres. Bukan hanya itu, panitia juga menyiapkan tim, jika dikemudian hari ada sengketa atau gugatan pelaksanaan Pilkades serentak, untuk diselesaikan.

Pemkab Bondowoso melalui Panitia Pilkades Kabupaten, sudah memprediksi akan ada Cakades yang kalah dan stres. Bahkan, juga diprediksi ada sengketa Pilkades. Karenanya, kesemuanya akan difasilitasi,” kata Ketua Panitia Pilkades Kabupaten Bondowoso, Mahfud Junaeidi, S.Sos, Selasa (16/11/2021).

Sebetulnya, tambah pria yang menjabat sebagai Asisten 1 Pemkab Bondowoso itu, hal tersebut tidak diatur dalam Perbup. Namun, jika prediksi atau antisipasi itu benar, maka akan difasilitasi. “Baik terhadap Cakades yang stres maupun jika terjadi sengketa Pilkades,” ujarnya.

Dijelaskannya, dari ratusan Pilkades yang digelar panitia, pasti ada yang tidak puas. Apalagi, jika selisihnya perolehan suaranya tipis atau hanya terpaut 1, seperti di Desa Pasarejo dan di Desa Lombok Kulon, yang selisihnya hanya 13.

Baca juga :

Bagi yang tidak puas, tambahnya, silahkan mengadu pada panitia. Bisa mulai dari tahapan penetapan DPT, proses penghitungan, hingga penetapan Cakades terpilih.

“Setiap warga, baik pemilih, saksi, Cakades, bahkan panitia, boleh melaporkan tahapan Pilakdes pada Panitia Kabupaten. Jika ada sengketa, kami akan memediasi,” jelasnya.

Kalau masih belum puas dengan hasil mediasi, lanjutnya, silahkan tempuh jalur hukum. Tahapannya, laporkan ketidakpuasan tersebut pada Panitia Desa. Kemudian, dilanjutkan ke kecamatan dan terakhir pada Panitia Kabupaten.

Sebagaimana diberitakan, Pemkab Bondowoso menggelar Pilkades serentak di 171 desa. Ada 556 calon Kades yang memenuhi syarat, 507 laki-laki dan 49 perempuan. DPT berjumlah 444.548 orang yang tersebar di 1.004 TPS. (sam/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.