Kota Malang

Puskesmas Rampal Celaket Sukses Turunkan Angka Stunting dari 80 Persen Jadi 3 Persen

Diterbitkan

-

PENGHARGAAN: Camat Klojen, Lurah Klojen, Lurah Rampal Celaket dan Kepala Puskesmas Rampal Celaket. (memontum.com/rsy)

Memontum Kota Malang – Keberhasilan Puskesmas Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Kota Malang, dalam menurunkan angka stunting mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kota Malang. Sebab, Puskesmas ini mampu menurunkan angka stunting secara siginfikan dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Kepala Puskesmas Rampal Celaket, dr Muhammad Ali Sahib, menyampaikan bahwa angka stunting di wilayahnya sudah mencapai 3 persen, dari yang sebelumnya di angka 80 persen. Tentu, dalam upaya penurunannya dilakukan sinergi dan kolaborasi dari semua pihak.

“Untuk kondisi riilnya tentang penurunan angka stunting ini kami bersinergi, bergotong royong dan tidak lepas dari peran masyarakatnya sendiri mulai dari kader, tokoh masyarakat di tingkat RT/RW, termasuk dengan tokoh agama juga kami bersinergi untuk memaksimalkan penurunan angka stunting,” kata Ali, seusai menerima penghargaan, Senin (20/05/2024) tadi.

Kemudian, ditambahkannya bahwa dalam upaya penurunan angka stunting tersebut tentunya telah dilakukan beragam inovasi ditingkat kelurahan. Terlebih, Puskesmas Rampal Celaket ini membawahi tiga kelurahan.

Advertisement

Baca juga :

“Kalau di Kelurahan Samaan, itu ada Klenteng Donasi. Kemudian Kelurahan Klojen, ada namanya Sambang Warga. Kami dari puskesmas juga selalu melakukan pemantauan terkait gizi buruk. Dalam pemantauannya ini, kami lakukan setiap hari dengan seksama. Kami bergerak bersama, terlebih dengan dukungan Dinas Kesehatan soal program pemberian makanan tambahan (PMT),” terangnya.

Lebih lanjut, Ali juga menuturkan bahwa di Kelurahan Rampal Celaket saat ini kasus stunting yang ada hanya tersisa 1 anak. Sementara di Kelurahaan Samaan, tinggal 15 kasus dan di Kelurahan Klojen tinggal 7 kasus. Sebelumnya, tiga kelurahan tersebut rata-rata mempunyai kasus stunting sekitar 35 hingga 40 kasus.

“Kita berdoa dan berusaha bersama, agar Kelurahan Rampal Celaket bisa menuju zero stunting. Kami akan melakukan pendampingan secara intens. Kemarin kami juga sudah kerjasama dari pendamping keluarganya sendiri untuk kegiatan pemantauan setiap hari biar segera naik berat badannya,” ujarnya.

Advertisement

Diakhir, Ali juga menyampaikan bahwa Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, telah memberikan arahan dan penekanan. Tujuannya, agar dapat terus menggerakkan masyarakat dan meningkatkan kebersamaan untuk menurunkan angka stunting.

“Pak Pj menekankan untuk menggerakkan masyarakat, meningkatkan kebersamaan, baik itu dari keluarganya, tokoh masyarakat, sehingga termotivasi untuk terus menurunkan angka stunting,” imbuhnya. (rsy/sit)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas