Jombang

Rangkul UMKM Jombang, Kemenkominfo Gelar Diskusi Kiat Aman Berselancar di Internet

Diterbitkan

-

Memontum Jombang – Internet telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan umat manusia. Sayangnya, selain banyak membantu aktivitas manusia, internet juga mempunyai risiko keamanan yang dapat merugikan. Untuk menghindari risiko dan aman berinternet, pengguna wajib paham kiat aman di dunia maya.

Untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan keamanan di internet, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Komunitas UMKM Kabupaten Jombang, akan menggelar diskusi literasi digital di Lapangan Pucang Simo, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Minggu (23/07/2023) besok malam sekitar pukul 19.00 WIB. Diskusi luring (offline) bertajuk ‘Kiat-kiat Aman Berselancar di Internet’ itu, akan menghadirkan tiga nara sumber. Yaitu, Mom Influencer, Novindah Sochmariyanti, penyiar radio, Danin Sibilo, musisi, Raka Maukar dan Riska Regita selaku moderator.

”Diskusi literasi digital masuk desa ini digelar gratis. Bisa diikuti dengan cara mengisi link registrasi peserta di https://s.id/DaftarJombang2307. Peserta akan mendapat e-sertifikat, juga hadiah e-money senilai Rp 1 juta untuk 10 peserta yang beruntung,” tulis Kemenkominfo dalam rilis, Sabtu (22/07/2023) tadi.

Baca juga:

Advertisement

Terkait tema diskusi, Kemenkominfo mengatakan agar aman berselancar (browsing) di internet, pengguna perlu memperhatikan beberapa tips dan kiat yang bisa diimplementasikan saat menjelajahi dunia maya. Antara lain, pakailah kombinasi yang sulit untuk semua password di internet, dan gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka dan symbol.

Berikutnya, ketika login, utamakan website dengan fitur HTTPS daripada HTTP. Website dengan protokol HTTPS secara teknis dijamin lebih aman dibandingkan HTTP. Lalu, jangan sekali-kali klik link yang mencurigakan. ”Jika ada seseorang yang mengirim pesan ke akun, selalu selidiki terlebih dahulu sebelum melakukan aksi lanjutan,” imbuh Kemenkominfo.

Selain itu, lanjut Kemenkominfo, jika ada pilihan membuat pertanyaan bantuan untuk pemulihan akun ketika lupa password, pakailah pertanyaan dan jawaban yang susah ditebak orang lain. “Hindarilah mengakses website dan media sosial menggunakan komputer yang kurang aman dan terjamin tingkat keamanannya. Misal, warnet yang reputasi dan sistem keamanannya kurang baik. Selalu gunakan personal computer (personal gadgets),” terang Kemenkominfo.

Terkait banyaknya pengguna yang mengalami kejadian menerima kiriman tautan link dari orang tak dikenal, Kemenkominfo menyarankan agar tidak sembarangan menerima, apalagi mengkliknya. ”Jangan klik tautan atau balas pesan mencurigakan berbentuk apa pun, apalagi meminta data informasi pribadi,” imbuh Kemenkominfo.

Advertisement

Selain diskusi yang digelar ”chip in” di acara festival menyambut tahun baru 1 Muharam 1445 Hijriah itu, juga akan dimeriahkan dengan gelaran pasar murah, festival kuliner, bazar santri, bazar UMKM, bazar multiproduk, panggung hiburan religi, banjari, pengajian, dan wahana permainan anak.

Diskusi literasi digital pada lingkup komunitas, untuk diketahui, merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia #MakinCakapDigital (IMCD). IMCD diinisiasi Kemenkominfo untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.

Tahun ini, program IMCD menargetkan 5,5 juta warga masyarakat sebagai peserta, utamanya mereka yang belum pernah mengikuti kegiatan literasi digital. IMCD sendiri bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif dan aman.

Program #literasidigitalkominfo tahun ini dilaksanakan sejak 27 Januari 2023. Program Kemenkominfo yang berkolaborasi dengan Siber Kreasi dan 18 mitra jejaring ini membidik segmen pendidikan dan segmen kelompok masyarakat sebagai peserta.

Advertisement

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fan Page dan Kanal YouTube Literasi Digital Kominfo serta website info.literasidigital.id. (hms/sit)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas