Jombang

Respon Pengunduran Diri Pj Bupati Sugiat, DPRD Jombang Siapkan Rapat Pimpinan dan Fraksi

Diterbitkan

-

Ketua DPRD Jombang, Mas'ud Zuremi. (memontum.com/azl)

Memontum Jombang – Pj Bupati Jombang, Sugiat, mengajukan surat pengunduran diri ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), guna maju dalam kontestasi Pilkada Jombang 2024. Mengenai pengajuan itu, juga dibenarkan Ketua DPRD Jombang, Mas’ud Zuremi, yang menyampaikan bahwa surat pemberhentian masih menunggu keputusan dari Kemendagri.

“Berkaitan dengan prosedur itu, kami akan melakukan rapat dengan pimpinan serta semua ketua fraksi dalam menyikapi pengunduran Pj Bupati,” kata Ketua DPRD Jombang, Senin (08/07/2024) tadi.

Itu karena, tambah Ketua DPRD, perlu ada usulan ke Kemendagri, mengenai tiga orang nama untuk diajukan menjadi Pj Bupati Jombang, setelah Pj Sugiat mengundurkan diri. “Kita akan dengarkan dari semua pimpinan dan ketua-ketua fraksi, siapa yang akan diusulkan ke Kemendagri. Sebab, tiga orang nama Aparatur Sipil Negara minimal Eselon II untuk dapat diusulkan menjadi Pj Bupati. Kita masih belum bisa menentukan, siapa yang akan diusulkan,” tambahnya.

Baca juga :

Advertisement

Jika tidak ada nama-nama yang diusulkan menggantikan Pj Bupati Jombang, lanjutnya, maka DPRD tidak akan mengirim usulan. Sehingga, semua akan diserahkan ke Kemendagri.

Ditempat sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang, Agus Purnomo, mengatakan bahwa pengunduran diri Pj Bupati sudah disampaikan ke DPRD dan dalam proses. “Terkait dengan legalitas, kita tunggu keputusan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” ujarnya.

Ditambahkannya, bahwa hingga saat ini tidak ada kekosongan jabatan. Itu karena, Pj Bupati Sugiat masih menjabat dan masih menunggu keputusan dari Kemendagri.

“Tes Jabatan Pimpinan Tertinggi ini tidak akan mengganggu proses. Setelah kita minta Pertimbangan Teknis Badan Kepegawaian Negara ke BKN, maka proses jalan. Setelah itu, kita izin pelantikan ke Kemendagri dan tinggal proses pelatikan menunggu keputusan Kemendagri,” paparnya. (azl/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas