Blitar

Jembatan Timbang di Talun Blitar Mati Suri

Diterbitkan

-

Jembatan Timbang di Talun Blitar Mati Suri

Memontum Blitar – Jembatan timbang di Desa Kendalrejo Kecamatan Talun Kabupaten Blitar hingga saat ini masih belum beroperasi alias mati suri. Padahal pembangunan jembatan timbang tersebut sudah satu tahun.

Ini terlihat sampai saat ini pintu masuk dan pintu keluar jembatan timbang tersebut, masih terpasang plang dan rambu dilarang masuk atau tutup. Bahkan dari dalam kantor jembatan timbang, juga tidak tampak aktivitas pegawai atau Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur maupun dari Kemenhub.

Kondisi tersebut mendapat sorotan Komisi III DPRD Kabupaten Blitar. Menurut Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, Supriadi, keberadaan jembatan timbang sebenarnya sangat diperlukan untuk mengatur atau menertibkan truk agar tidak bermuatan melebihi tonase, yang pada akhirnya bisa menjaga agar kondisi jalan tidak cepat rusak. Hanya saja, sejak Maret 2017 lalu wakil rakyat tidak memiliki kewenangan.

“Karena sejak Maret tahun lalu sudah dialihkan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) ke pusat, maka saat ini bukan kewenangan kami”, kata Supriadi, Selasa (10/04/2018).

Advertisement

Kendati demikian, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait agar bisa disampaikan ke Pemprov Jawa Timur dan pusat terkait operasional jembatan timbang di Kecamatan Talun tersebut. Supriadi berharap agar jembatan timbang itu bisa segera beroperasi mengingat truk yang melintas di Kabupaten Blitar sangat banyak.

“Setidaknya, jembatan timbang itu bisa berfungsi seperti sediakala untuk menertibkan truk yang melebihi tonase”, tandas Suoriadi.

Supriadi menambahkan, sejak Maret 2017 jembatan timbang diberhentikan resmi oleh Kementrian Perhubungan (Kemenhub). Hal itu dilakukan karena kewenangannya berpindah tangan, yang sebelumnya kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, kemudian dialihkan ke Pemerintah Pusat. Dalam hal ini Kementrian Perhubungan (Kemenhub). (jar/nay)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas