Pemerintahan

Wabup Berharap Hubungan Industrial di Sidoarjo Tetap Berjalan Baik

Diterbitkan

-

DIALOG - Wabup Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin berdialog dengan Serikat Pekerja Asahimas Sidoarjo (SPAS) dalam Pelatihan Serikat Pekerja di PT Asahimas Flat Glass Tbk, Sidoarjo Rabu (25/9/2019)

Memontum Sidoarjo – Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin berharap hubungan industrial di Sidoarjo tetap berjalan baik. Hal ini agar dunia investasi dan usaha di Sidoarjo tetap berkembang sebagai Kota Industri penopang Surabaya.

“Kami harus dekat dengan serikat pekerja maupun pengusaha. Sebagai wakil pemerintah, mengharuskan menempatkan dirinya di tengah-tengah dua unsur itu. Kedekatan itu digunakan sebagai cara untuk menata permasalahan yang dihadapi pekerja dengan pengusaha,” terang Wakil Ketua Lembaga Kerjasama (LKS) Tripartit, Nur Ahmad Syaifuddin kepada Memo X, Rabu (25/09/2019) saat bertemu Serikat Pekerja Asahimas Sidoarjo (SPAS) di PT Asahimas Flat Glass Tbk, Sidoarjo, Rabu (25/9/2019).

Cak Nur yang juga menjabat Wakil Bupati Sidoarjo ini berharap hubungan industrial di Sidoarjo tetap berjalan dengan baik. Menurutnya semua pihak mengingingkan itu. Hubungan pengusaha dengan pekerja harus diciptakan dan berjalan dengan baik.

“Pekerja itu merupakan mitra perusahaan. Oleh karenanya, kami meminta permasalahan industrial dapat dibicarakan dengan duduk bersama. Kami yakin terjalinnya hubungan yang baik berdampak pada produktivitas perusahaan untuk tetap eksis di era globalisasi saat ini,” imbuhnya.

Advertisement

Selain itu, Cak Nur mengapresiasi berdirinya serikat pekerja PT Asahimas secara independen. Apalagi sudah 65 persen lebih pekerja PT Asahimas bergabung dalam SPAS. Menurutnya berdirinya serikat pekerja independen seperti ini cukup baik.

“Permasalahan yang ada dapat dikelola pekerja sendiri sesuai kebutuhan perusahaan. Tapi, rasa tenggang rasa harus ada kepada organisasi serikat pekerja lainnya,” pintahnya.

Sementara itu, Wabup bercerita pengalaman menghadapi pekerja sudah cukup banyak. Pengalamannya dimulai saat menjadi anggota DPRD Sidoarjo dan berlanjut sampai saat ini sebagai Wakil Bupati. Dirinya tidak akan lari dari pendemo jika ada buruh yang ingin mengutarakan permasalahan.

“Kami memiliki prinsip berbicara sejujur-jujurnya saat menghadapi aspirasi para buruh. Kami meminta pekerja dapat menjaga kerukunan dengan semua pihak. Hal ini penting demi menjaga kondusifitas yang dapat mempengaruhi kesejahteraan pekerja sendiri,” tandasnya. Wan/yan

Advertisement

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas