Connect with us

Lumajang

Bupati Minta Tambahan Personil untuk Persiapan Evakuasi Korban Bencana Alam

Diterbitkan

||

Bupati Minta Tambahan Personil untuk Persiapan Evakuasi Korban Bencana Alam

Memontum Lumajang – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, berharap ada tambahan personil bantuan guna persiapan evakuasi korban APG (awan panas guguran) Semeru. “Saya butuh tambahan relawan. Kepada teman-teman komunitas dan lembaga, yang bisa membantu kami, untuk besok membantu guna mengevakuasi korban,”

ungkap bupati saat meninjau daerah terdampak APG Gunung Semeru, di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Sabtu (04/12/21) malam.

Bupati menerangkan, bahwa saat ini sudah ada bantuan personil dari BPBD Lumajang dan BPBD Kota Probolinggo, untuk membantu diwilayah Kecamatan Candipuro. Sedangkan di wilayah Pronojiwo, malam ini juga sudah diluncurkan personil dari BPBD Kabupaten Malang.

Baca juga

Bupati beranggapan kekuatan personil yang turun saat ini, masih belum cukup untuk membantu para korban. Sebab, bencana APG saat ini lebih besar dampaknya dari pada tahun lalu. “Kita semua bergerak bersama-sama untuk melakukan evakuasi,” ujarnya.

Bupati juga menegaskan, bahwa Sabtu malam ini, pihaknya bersama tim SAR dan relawan tidak bisa melakukan evakuasi langsung. Itu karena, sisa aliran lahar yang masih dalam kondisi panas dengan disertai derasnya hujan abu disekitar wilayah terdampak APG.

“Malam ini, memang tidak bisa dipaksa untuk evakuasi, medannya masih berbahaya, kalau dipaksakan justru keselamatan yang akan melakukan evakuasi yang dikhawatirkan,” tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Lumajang juga berkesempatan untuk meninjau Dapur Umum dari Kemensos yang berada di Lapangan Sumberwuluh timur, guna memeriksa kesiapan bantuan makanan bagi para korban bencana alam. Termasuk, melihat dan memberikan semangat ke warga pengungsi yang berada di Kantor Kecamatan. (kom/adi/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.