Kota Batu

Diskumperindag dan Satgas Halal Kota Batu Targetkan 1001 Pedagang Kantongi Sertifikasi Halal

Diterbitkan

-

PROGRAM: Pencanangan program sertifikat halal di Pasar Induk Among Tani Kota Batu. (pemkot for memontum)

Memontum Kota Batu – Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) dan Satgas Halal Kemenag Kota Batu, membuat program yang menargetkan 1.001 pedagang di Kota Batu bakal mengantongi sertifikasi halal di tahun 2024 ini. Program ini, dicanangkan di Pasar Induk Among Tani Kota Batu, Senin (26/02/2024) tadi.

Kepala Kantor Kemenag Kota Batu, Machsun Zain, mengatakan bahwa sebelumnya pada tahun 2023, sudah ada 1.847 pedagang di Kota Batu yang memiliki sertifikasi halal. Dengan adanya program ini, maka akan semakin banyak pedagang di Kota Batu yang bersertifikasi halal.

“Ini adalah komitmen bersama, untuk menjamin keamanan dan kualitas produk serta mendorong pelaku usaha dalam meningkatkan standar produksi,” kata Machsun.

Baca juga:

Advertisement

Kepala Diskumperindag Kota Batu, Aries Setiawan, menambahkan bahwa sertifikasi halal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam memajukan produk halal di Kota Batu. “Upaya ini menjadi langkah penting. Ketika pedagang sudah memiliki sertifikasi halal, maka wisatawan akan semakin yakin bahwa produk yang dijual sudah aman,” kata Aries.

Sementara itu, Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, mengatakan bahwa rasa aman dan nyaman bagi pembeli sangat penting. Saat pedagang memiliki sertifikasi halal, pembeli akan lebih tenang.

“Apa yang sudah diinisiasi Diskumperindag ini, semoga bisa terealisasi dengan cepat. Apalagi ini moment menjelang Idul Fitri, akan banyak wisatawan yang datang. Dengan sertifikasi halal, akan timbul rasa aman dan nyaman,” ujar Aries. (kom/gie)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas