Connect with us

Pendidikan

Memo X Jember dan Ikatan Alumni SMASA Gelar Vaksinasi Massal Berhadiah

Diterbitkan

||

Memontum Jember – Mendukung Pemkab Jember dalam percepatan vaksinasi untuk mengejar kekebalan kelompok, Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Jember dan Harian Pagi Memo X (Memontum.com grup, red) serta menggandeng pengembang Perumahan Queen Gardenia, menggelar kegiatan vaksinasi massal.

Pelaksanaan vaksinasi yang digelar di salah satu Cafe Resto di Lingkungan Karanganyar, Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, digelar Minggu (17/10/2021).

Kegiatan vaksinasi itu juga melibatkan Karang Taruna ‘Wira Bhakti Mandiri’ Lingkungan Karanganyar, yang membantu mengatur peserta vaksin di lokasi kegiatan agar berjalan lancar dan sesuai protokol kesehatan.

Vaksinasi masal tersebut menggunakan dua vaksin jenis Astrazeneca dan Pfizer. Kegiatan dimulai pukul 08.00 dan diikuti oleh kurang lebih 300 masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi. Pantauan di lokasi vaksinasi, antusias masyarakat sangat besar. Selain mendapatkan suntikan vaksin, peserta berpulang membawa buah tangan 1 liter minyak goreng.

Baca juga: 

Menurut Koordinator Ikatan Alumni SMAN 1 Jember Charis Sakti bahwa vaksinasi ini sebagai upaya untuk ikut mendukung program Pemkab Jember mengejar capaian vaksinasi minimal 70 persen.

“Dalam upaya mengejar Herd Imunity. Juga atas inisiatif bersama alumni SMAN 1 Jember. Kita menggelar aksi vaksinasi massal ini. Karena target untuk capaian vaksin 70 persen. Menurut hemat saya juga perlu dukungan dari masyarakat. Bahwa vaksinasi ini tidak hanya jadi PR pemerintah,” kata Charis saat dikonfirmasi di tengah kegiatan vaksinasi.

Lanjut Charis, kegiatan vaksinasi massal itu juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember serta Puskesmas Kaliwates berkaitan ketersediaan vaksin dan tenaga vaksinator. “Kita sudah komunikasi dan berkoordinasi dengan Dinkes Jember. Karena kan vaksin itu dari sana. Jadi kegiatan vaksinasi massal ini saling membantu satu sama lain,” ujarnya.

Untuk penggunaan vaksin menggunakan jenis Astrazeneca dan Pfizer. Menurutnya dia jenis vaksin tersebut memiliki efikasi tinggi untuk mencegah fatalitas serangan virus Covid-19. “Info yang kami terima bisa 95 persen menghalau virus Covid-19. Juga untuk anak umur 12 tahun sudah bisa divaksin. Jadi pertimbangan itu, dipilih jenis Astrazeneca dan Pfizer,” ungkapnya.

Dia juga menyebut, untuk menarik masyarakat disediakan juga 1 liter minyak goreng yang bisa dibawa pulang peserta usai divaksin. “Untuk menarik minat masyarakat, kita juga sengaja memberikan 1 liter minyak goreng. Sebagai bentuk apresiasi bagi masyarakat yang melakukan vaksin,” imbuhnya.

Pelaksanaan vaksin massal tersebut berjalan lancar. Terlebih lokasi vaksinasi nyaman dan para peserta vaksin antri dengan rapi di dalam ruangan resto yang tetap menerapkan protokol kesehatan. “Kita sebagai masyarakat Jember sadar akan pentingnya vaksin. Terlebih lagi saya sebagai pemilik usaha restoran merasakan bahwa dua tahun ini ekonomi seret (susah). Kita pemilik restoran juga harus ikut mensukseskan dari terbentukny Herd Imunity ini,” kata pemilik Queen Cafe Resto, Ida Sofia.

Wanita berhijab yang akrab dipanggil Fifi ini sengaja menyediakan lokasi vaksinasi di restoran tempat usahanya. Agar memberikan kenyamanan bagi masyarakat saat antri vaksin, juga menyediakan makanan ringan dan minuman. “Semoga memberikan manfaat bersama dan capaian vaksinasi di Jember sesuai target yang diharapkan,” katanya.

Sementara itu, menurut Kepala Biro Memo X Jember, Rio Christiawan bahwa dengan banyaknya masyarakat berbondong-bondong ke lokasi vaksin, menandakan kesadaran masyarakat semakin meningkat akan pentingnya vaksinasi Covid-19. “Masyarakat paham bagaimana menyikapi penyebaran virus Covid ini. Salah satu upaya tentunya dengan ikut vaksinasi ini,” kata Rio saat dikonfirmasi terpisah.

Sebagai bagian dari perusahaan media ternama di Jawa Timur, Memo X juga ikut andil dalam mendukung program Pemkab Jember. “Tentunya bagi Jember kita juga punya andil, dan terkait pandemi Covid-19 ini teriring doa, agar segera berakhir,” ujar Rio.

Kegiatan vaksinasi ini juga mendapatkan perhatian khusus dari Plt Kepala Dinas Kesehatan Jember dr. Lilik Lailiyah yang datang meninjau langsung di lokasi kegiatan. (rio/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.