Pemerintahan

129 Kades Perpanjangan Masa Jabatan Dilantik Bupati Situbondo, Ada Tiga Kades Terjerat Kasus Hukum

Diterbitkan

-

LANTIK: Bupati Situbondo saat melantik perpanjangan masa jabatan Kades. (memontum.com/her)

Memontum Situbondo – Sebanyak 129 kepala desa (Kades) dari 132 Kades di Kabupaten Situbondo, mengikuti prosesi pelantikan perpanjangan masa jabatan di Pendopo Aryo Situbondo, Kamis (23/05/2024) tadi. Dari sejumlah Kades di Kabupaten Situbondo itu, terdapat tiga Kades yang tidak mengikuti pelantikan karena terjerat dugaan kasus hukum.

Tiga kades itu, yakni Kades Sumberanyar, Kecamatan Mlandingan, Kades Peleyean, Kecamatan Panarukan, dan Kades Kayumas, Kecamatan Arjasa. Hal tersebut, sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo, Suriyatno.

“Totalnya ada 129 kepala desa yang dilantik. Sementara tiga Kades, tidak bisa dilantik karena terjerat kasus hukum,” kata Suriyatno.

Dirinya juga menjelaskan, dasar pelantikan perpanjangan masa jabatan kades tersebut adalah Undang-undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang perubahan ke 2 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2104 tentang Desa. “Jadi masa jabatan Kades se Indonesia, termasuk Kabupaten Situbondo, harus menyesuaikan mengikuti Undang-undang tersebut. Sebelumnya, masa jabatan 6 tahun diperpanjang menjadi 8 tahun serta dapat menjabat paling banyak 2 kali berturut-turut. Oleh karenanya, SK pun harus disesuaikan pula,” paparnya.

Advertisement

Tidak hanya itu, Suriyatno juga menjelaskan jika Kades pengganti antar waktu (PAW) juga ikut dilantik, sebab melanjutkan jabatan Kades sebelumnya. “Tetap ikut dilantik, kan Kades PAW melanjutkan sisa waktu jabatan Kades sebelumnya. Kalau sudah habis, ya diperpanjang juga,” tuturnya.

Dari 129 kades tersebut, kata Suriyatno masa jabatannya akan berakhir pada tahun 2027 dan pada tahun 2030. “112 kepala desa sebelumnya masa jabatannya 2019-2025, maka otomatis diperpanjang sampai 2027. Begitu juga 17 kepala desa yang sebelumnya masa jabatan 2022-2028, akan berakhir pada tahun 2030,” jelas Suriyatno.

Baca juga :

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, dalam kesempatan itu berpesan agar kepala desa memanfaatkan perpanjangan masa jabatan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat. “Selamat untuk 129 Kades yang telah dilantik perpanjangan masa jabatannya. Mudah-mudahan diberikan kesuksesan serta mampu terus melayani masyarakat yang ada di desa dengan baik,” kata Bupati Situbondo.

Selain itu, Bupati Karna juga mengatakan sebagai bentuk apresiasi, dirinya melantik langsung semua Kades satu persatu. “Mungkin baru pertama kali di Indonesia, Kades dilantik langsung oleh Bupati di Pendopo. Kalau baru dipilih biasa dilantik, ini perpanjangan masa jabatan saya lantik langsung,” jelas Bupati Situbondo.

Advertisement

Oleh karena itu, kata Bupati Karna, dirinya berharap dengan dilantiknya perpanjangan masa jabatan Kades tersebut, para kades bisa terus berinovasi hingga akhir jabatannya. “Terus melayani untuk kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Situbondo, Juharto, berharap semoga perpanjangan masa jabatan 2 tahun itu menjadi barokah, berkah dan amanah. “Karena tugas kami, selaku kades adalah melaksanakan pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan dan pembangunan kemasyarakatan,” ujar Ketua APDESI yang juga menjabat sebagai Kades Banyuputih itu.

Lebih lanjut Juharto menambahkan, dengan diperpanjang masa jabatan ini, maka pembangunan desa juga diharapkan semakin baik juga. “Sebab pembangunan itu berawal dari desa. Jika desanya terbangun dengan baik, maka kabupaten juga baik dan bagus juga,” ungkapnya. (her/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas