Banyuwangi

Komisi 1 Dewan Banyuwangi, Hearing Pilkades Serentak

Diterbitkan

-

Komisi 1 Dewan Banyuwangi, Hearing Pilkades Serentak

Memontum Banyuwangi — Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang digelar secara serentak pada tanggal 8 November 2017, ternyata masih menyisakan masalah. Dan saat ini Komisi 1 DPRD Banyuwangi, sedang menangani pengaduan yang di soal oleh Calon Kepala Desa (Cakades) yang tidak terpilih.

Ketua Komisi 1, Ficky Septalinda mengatakan, dalam Pilkades yang digelar oada bulan November lalu, ada dugaan kecurangan, sehingga ada pihak-pihak yang dirugikan. Saat ini pihaknya sedang menggelar hearing terkait masalah ini. Pengaduan yang masuk di ada 3 (tiga) Desa, yakni Pilkades, Sumbermulyo, Pilkades Kaligung Kecamatan Blimbingsari dan Pilkades Kandangan kecamatan Pesanggaran.

“Hari ini kita menindaklanjuti permohonan hearing dari beberapa calon Kepala Desa yang tidak terpilih, mereka mengadukan soal kecurangan diluar tahapan Pilkades,” papar Ficky Septalinda.

Ficky mengungkapkan, dalam tahapan Pilkades serentak di kabupaten Banyuwangi sudah berjalan sukses, aman dan lancar. Namun persoalan diluar tahapan Pilkades mulai banyak pengaduan, seperti ditemukannya money politik, keterlibatan perangkat desa dalam mendukung salah satu calon, serta persoalan undangan Pilkades yang tidak sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Advertisement

“Pengaduan lebih banyak pada persoalan di luar tahapan Pilkades, “ ungkap politisi PDI Perjuangan itu.

Dalam rapat hearing yang digelar, Ficky menyatakan, Komisi I tidak dapat memutuskan persoalan diluar proses tahapan Pilkades, pihaknya hanya dapat menampung pengaduan kecurangan Pilkades, untuk dilaporkan kepada Pimpinan DPRD.

“ Kita tidak bisa memutuskan persoalan sengketa Pilkades, Komisi I hanya menampung pengaduan, untuk dijadikan bahan referensi dan evaluasi Pikades mendatang,” ungkap Ficky Septalinda mengakhiri wawancaranya. (but/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas