SEKITAR KITA

Peringati Hari Rabies Sedunia, DPKH Situbondo Gelar Vaksin Rabies Gratis untuk Hewan Peliharaan

Diterbitkan

-

Memontum Situbondo – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Situbondo, mengadakan vaksin rabies gratis. Momen ini, diselenggarakan dalam memperingati Hari Rabies Sedunia Tahun 2021, di halaman kantor DPKH Situbondo, Selasa (28/09/2021). 

Selama pelaksanaan itu, ratusan hewan peliharaan di Kabupaten Situbondo, menjadi sasaran vaksinasi rabies secara gratis. Ada pun sejumlah hewan yang dilakukan vaksin, mulai kucing, anjing, musang, kera dan binatang primata lainnya. 

Baca juga:

Advertisement

Kepala DPKH Kabupaten Situbondo, Imam Darmadji, melalui Kabid Keswan dan Mavet DPKH, Ir Sulistiyani MSi, mengatakan bahwa kegiatan vaksin ini juga dilaksanakan guna mencegah mewabahnya rabies pada hewan peliharaan. Terutama, di wilayah Kabupaten Situbondo.

“Pada momen peringatan hari bebas rabies sedunia tahun 2021 ini, kami menyediakan 270 dosis vaksin rabies, dengan target sebanyak 250 hewan peliharaan,” ujar Sulistiyani.

Selain dilakukan vaksin rabies secara gratis, pihaknya juga memberikan vitamin sebagai upaya untuk mencegah mewabahnya penyakit rabies di Kabupaten Situbondo. 

“Meski penyakit rabies tidak mewabah di Situbondo, namun pemberian vaksin rabies ini, sebagai upaya untuk mengantisipasi wabah penyakit rabies,” bebernya.

Ada beberapa lokasi vaksin rabies di Situbondo. Selain menggelar vaksin rabies di Kantor DPKH Situbondo, pihaknya juga menggelar vaksin rabies di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, dan di Kecamatan Kendit.

Advertisement

“Mengingat, tiga kecamatan di Kabupaten Situbondo, yakni Kecamatan Kota, Kecamatan Banyuputih dan Kecamatan Kendit, diketahui tinggi untuk populasi hewan peliharaannya. Sehingga, dipandang rawan dan perlu dilakukan vaksin rabies,” ujar Sulistiyani. (her/gie)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas