Kota Malang

Bawaslu Kota Malang segera Panggil Panwascam yang Masuk Daftar Dumas

Diterbitkan

-

Kordiv Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Malang, Hasbi Ash Shiddqy. (ist)

Memontum Kota Malang – Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang diduga bermasalah karena masuk daftar pengaduan masyarakat (Dumas), akan dipanggil oleh pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Malang. Hal itu, dikatakan oleh Kordiv Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Malang Hasbi Ash Shiddiqy, saat dikonfimasi, Selasa (04/06/2024) tadi.

Dari 15 anggota Panwascam yang sudah dilantik beberapa pekan lalu, 11 diantaranya merupakan anggota Panwascam yang telah bertugas pada Pilpres 2024 dan tujuh dari mereka mendapat tanggapan dari masyarakat. Tanggapan itu, yakni mengenai Dumas karena diduga melakukan sederet pelanggaran.

“Nanti akan kita klarifikasi semua. Baik pelapor maupun terlapor dan orang-orang yang terkait dalam laporan tersebut. Bawaslu juga tidak menilai secara subyektif hanya perseorangan, tetapi semua akan kita klarifikasi. Betul atau tidaknya juga menunggu hasil rapat pleno pimpinan Bawaslu Kota Malang,” kata Hasbi.

Selain itu, nantinya Bawaslu Kota Malang juga akan melakukan penggalian dan pendalaman data. Seperti soal data keuangan dan juga penganggaran dari masing-masing kecamatan.

Advertisement

Baca juga :

“Jika dirasa nanti klarifikasi kita kurang kuat, nanti bisa kita lakukan pendalaman data. Kemudian, perihal masalah anggaran dari Panwaslu Kecamatan nanti juga akan kita sampaikan. Kita akan cari informasinya, seperti apa,” ujarnya.

Apabila nantinya laporan yang masuk memang benar terjadi, ujarnya, maka pelaku tentunya akan diberikan sanksi. Tetapi, masih akan melihat dari hasil klarifikasi terlebih dahulu.

“Kalau memang terbukti benar sanksi beratnya mungkin diberhentikan. Kalau ringan surat peringatan. Kalau sedang mungkin surat peringatan yang ke berapa 1,2,3. Tetapi nanti kita lihat hasil klarifikasinya dulu, nanti akan kita sampaikan hasilnya,” ucap Hasbi.

Diakhir, apabila itu terbukti benar-benar terjadi maka Bawaslu Kota Malang juga akan menguatkan untuk dilakukan pembinaan. Sehingga kualitas kinerja dapat ditingkatkan dengan maksimal. (rsy/sit)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas