Blitar

Jaga Kualitas Produk Pangan asal Hewan, Tingkatkan Pengawasan

Diterbitkan

-

Jaga Kualitas Produk Pangan asal Hewan, Tingkatkan Pengawasan

Memontum Blitar — Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar memperketat pengawasan terhadap peredaran bahan pangan yang berasal dari hewan, seperti daging sapi, ayam, telur, dan ikan. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan jaminan kemananan kepada masyarakat, bahwa bahan makanan asal hewan yang beredar di pasaran layak konsumsi.

Kasi Kesmavet, Dinas Perernakan dan Perikanan Kabupaten Blitar, Drh.M.Immadudin mengatakan, pengawasan peredaran bahan pangan berbahan baku asal hewan yang dilakukan di pasar Talun, Rabu (14/03/2018), untuk melakukan pemantauan produk asal hewan dan Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

”Pengawasan tidak dilakukan saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri saja. Pada hari-hari biasa kami juga melakukan pengawasan hanya saja selama Ramadan pengawasan kami tingkatkan karena momen tersebut sering dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk mencari keuntungan,” kata Immadudin.

Selain meningkatkan pengawasan, pihaknya berencana melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional yang menjual produk pangan yang berasal dari hewan. diakui Husnani, biasanya marak beredar sejumlah bahan pangan yang tak layak konsumsi. Untuk bahan pangan yang berasal dari hewan diantaranya daging sapi gelonggongan, telur, ikan serta jeroan busuk serta ayam tiren. Terkait sidak, pihaknya akan bekerjasama dengan tim penertiban Pemkab serta aparat kepolisian.

Advertisement

”Hasil pemantauan kami sejauh ini, kondisi daging dan ikan yang dijual di pasaran layak konsumsi dan halal. Meski demikian, masyarakat harus tetap waspada dan teliti saat membeli daging atau ikan agar yang dibeli benar-benar layak konsumsi,” kata Immadudin.

Ketelitian juga diharapkan terhadap bahan pangan yang kemungkinan menggunakan bahan pengawet seperti formalin. (fzi/nay)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas