Connect with us

Pemerintahan

Assesmen PPKM Lumajang Turun Menjadi Level 3

Diterbitkan

||

Memontum Lumajang – Assesmen PPKM Kabupaten Lumajang turun menjadi Level 3. Hal itu disampaikan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansah, saat Rapat Koordinasi Evaluasi PPKM Jawa Timur di salah satu di Jember, Rabu (01/09) tadi.

“Alhamdulillah, update terbaru kita sudah turun menjadi Level 3,” kata Bupati Lumajang.

Dalam kesempatan itu, bupati menjelaskan bahwa berbagai upaya dilakukan oleh Pemkab Lumajang, untuk menanggulangi dan menekan angka Covid-19 di Kabupaten Lumajang. Upaya yang dilakukan, diantaranya seperti peningkatan testing, penambahan TT ruang isolasi dan ruang ICU.

Baca juga:

Begitu pula dengan vaksinasi, juga terus digenjot untuk vasinasi dosis 1, 2 maupun 3 (untuk Nakes). Sehingga total telah dilakukan vaksinasi sebesar 204.816 dosis atau 23,25 persen per 31 Agustus 2021.

“Vaksinasi dosis pertama sudah 14,77 persen atau sudah dilakukan vaksinasi 130.052 dosis, dosis kedua 72.709 atau 8,26 persen dan dosis ketiga untuk tenaga kesehatan sebanyak 2.055 dosis atau 56,19 persen,” jelas bupati.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Dinkes Lumajang, kasus aktif pada bulan Agustus terus mengalami penurunan,l. Hingga akhir Agustus sudah turun menjadi 349 kasus yang masih dalam pemantauan. Demikian juga kasus konfirmasi yang dirawat di fasilitas kesehatan melandai per 31 Agustus.

Untuk menekan sebaran dan resiko kematian, Pemkab Lumajang juga telah memaksimalkan upaya pemindahan warga isolasi mandiri (Isoman) ke isolasi terpadu (Isoter). Kapasitas Isoter yang disiapkan Kabupaten Lumajang sebanyak 234.

“Kami berterima kasih kepada Pak Dandim dan Kapolres yang telah berupaya semaksimal mungkin membantu kami pemerintah daerah baik itu vaksinasi maupun isolasi terpadu,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansah, menjelaskan bahwa secara umum sebaran Covid-19 di Jawa Timur per 31 Agustus sudah tidak ada lagi zona merah. Tercatat 9 kab atau kota masih berada di Level 4, 23 kabupaten atau kota di Level 3 termasuk Kabupaten Lumajang. Begitu pula asessmen Covid-19 di Jatim kini juga turun ke tingkat 3.

“Alhamdulillah Jatim hari ini dinyatakan satgas Covid-19 nasional telah dinyatakan bebas zona merah. Terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah berjuang. Mari terus patuhi protokol kesehatan dan percepat vaksinasi menuju Jatim Bangkit,” terangnya. (kom/adi/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *